GTPP Covid-19 Sumut: Kebiasaan Masyarakat Sudah Banyak Berubah selama Pandemi

Stepanus Purba · Rabu, 20 Mei 2020 - 13:39 WIB
GTPP Covid-19 Sumut: Kebiasaan Masyarakat Sudah Banyak Berubah selama Pandemi
Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Provinsi Sumut Aris Yudhariansyah. (Foto: Dok Humas Pemprov Sumut)

MEDAN, iNews.id – Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Sumatera Utara (Sumut) mengapresiasi kesadaran masyarakat dalam berpartisipasi memutus rantai penyebaran virus corona. Hal ini disampaikan Juru Bicara GTPP Covid-19 Sumut Aris Yudhariansyah saat memberikan keterangan pers di Media Center, Kantor Gubernur, Jalan Diponegoro 30 Medan, Selasa (19/5/2020).

“Kita melihat sekarang masyarakat sudah banyak berubah, mulai dari menyadari pentingnya pelaksanaan pola hidup bersih dan sehat, membiasakan mencuci tangan dengan sabun, memakai masker serta tidak nyaman apabila berada di tengah kerumunan,” ujar Aris.

Menurutnya, kesadaran menjalankan protokol kesehatan ini perlu ditingkatkan secara terus-menerus. Sebab tidak ada yang tahu kapan pandemi ini akan berakhir.

“Semangat ini mesti kita galakkan dan harus mendarah daging dalam menghadapi situasi pandemi global. Apalagi WHO sudah menyampaikan Covid-19 ini tidak akan hilang dalam waktu singkat,” katanya.

Saat ini saja, ada penambahan 10 pasien baru yang terpapar Covid-19 di Sumut. Total ada 235 orang positif, 29 meninggal dan 74 sembuh.

Berdasarkan data tersebut, masih menunjukan peningkatan kasus positif. Banyak orang tanpa gejala (OTG) yang berada di tengah masyarakat sehingga perlu terus menjalankan protokol kesehatan.

“Gambaran ini sangat tegas yang bisa kita lihat, jika penambahan kasus baru masih terus terjadi. Pembawa virus ini masih ada di tengah-tengah kita. Inilah yang berkali-kali kami sampaikan, orang tanpa gejala ini membawa virus dalam dirinya tanpa disadari,” ucapnya.


Editor : Donald Karouw