Gubernur Edy Rahmayadi Harapkan Alumni Menwa Dapat Bersinergi Membangun Daerah

Stepanus Purba · Selasa, 21 Januari 2020 - 19:36 WIB
Gubernur Edy Rahmayadi Harapkan Alumni Menwa Dapat Bersinergi Membangun Daerah
Gubernur Sumut Edy Rahmayadi saat menerima audiensi alumni Menwa IPA Mentara. (Foto: Humas Pemprou Sumut)

MEDAN, iNews.id – Alumni Resimen Mahasiswa Sumatera Utara (IPA MENTARA) menggelar audiensi di Ruang Kerja Gubernur, Senin (20/1/2020). Kedatangan mereka diterima Gubernur Sumut Edy Rahmayadi dengan didampingi Asisten Administrasi Umum dan Aset M Fitriyus.

Gubernur mengatakan, Menwa merupakan salah satu komponen warga negara yang mendapat pelatihan militer. Karena itu para alumni diharapkan dapat mengambil peran dalam membangun kesadaran berbangsa dan bernegera di tengah masyarakat.

“Saya senang melihat Abang-Abang sekalian. Di usia saat ini masih memikirkan pembangunan di Sumut dengan melakukan beberapa kegiatan bakti sosial ke. Kalau bisa, ke depan Pemprov Sumut bisa bersinergi dalam kegiatan-kegiatan IPA MENTARA,” ujarnya.

BACA JUGA: Subsidi Elpiji 3 Kg Dicabut, Pedagang Kecil di Medan Makin Menjerit

Edy mengungkapkan, di luar negeri ada namanya bela negara. Di Inggris hal itu wajin sekalipun berasal dari keluarga kerajaan.

“Karena itu negara ini membutuhkan Menwa untuk membangun kesadaran berbangsa dan bernegara,” katanya.

Saat ini jumlah Menwa di Sumut sebanyak 120 orang yang tersebar di sembilan satuan pada sejumlah perguruan tinggi, antara lain di Unimed, USU, UINSU, UMSU, UISU, ITM, Quality, STIP-AP dan Sari Mutiara.

Para alumni, menurutnya harus solid memberikan masukan kepada Satuan Menwa agar dapat kembali eksis di tengah masyarakat.

“Kalau tidak, lama-lama nanti akan hilang mereka. Karena tak tahu arah dan apa yang mau dilakukan. Padahal dahulu kan berebut orang ingin menjadi Menwa, untuk itu alumni pun harus solid,” ujarnya.

Anggota Istimewa IPA MENTARA Soekirman mengatakan, Menwa selalu aktif melakukan kegiatan kegiatan sosial. Seperti sunat massal, pemeriksaan kesehatan gratis hingga penanaman pohon di Kabupaten Karo dan Serdangbedagai.

“Ke depan akan semakin kami lengkapi dengan konsep startegis lewat seminar-seminar untuk membahas pembangunan yang dilakukan di Provinsi Sumut,” kata Soekirman.


Editor : Donald Karouw