Gunung Sinabung Erupsi 5 Kali, Kabanjahe Dilanda Hujan Abu Vulkanis

Stepanus Purba · Sabtu, 17 April 2021 - 16:48:00 WIB
Gunung Sinabung Erupsi 5 Kali, Kabanjahe Dilanda Hujan Abu Vulkanis
Hujan abu Gunung Sinabung menyelimuti Kota Kabanjahe. (Foto: iNews/Stepanus Purba)

KARO, iNews.id – Gunung api Sinabung yang berada di Kabupaten Karo, Sumatera Utara (Sumut), kembali mengalami erupsi sebanyak lima kali dalam rentan waktu kurang dari 1 satu jam, Sabtu (17/4/2021). Akibatnya, Kota Kabanjahe mengalami dilanda hujan abu vulkanis Gunung Sinabung

Dari pantauan iNews.id, hujan abu vulkanis mulai menyelimuti Kota Kabanjahe sekitar pukul 15.35 WIB. Hujan abu tipis tersebut membuat warga Kota Kabanjahe yang berada di terpaksa menghentikan aktivitas mereka sejenak. 

"Berhenti sebentar. Lagi hujan abu karena erupsi Gunung Sinabung," kata Gemilang Ginting warga Kota Kabanjahe. 

Petugas PVMBG Muhammad Assory meminta warga yang tinggal di Kota Kabanjahe untuk memakai masker saat beraktivitas di luar ruangan. Pasalnya, hujan abu vulkanis tipis menyelimuti Kota Kabanjahe.

"Abu vulkanis dibawa angin ke arah selatan. Akibatnya, Kabanjahe terpapar abu vulkanis. Kami imbau warga untuk tidak beraktivitas di luar ruangan," ucapnya. 

Diketahui, Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara mengalami erupsi sebanyak 5 kali dalam rentan waktu kurang dari satu jam, Sabtu (17/4/2021). Dalam erupsinya gunung dengan ketinggian 2.460 meter menyemburkan abu vulkanis dengan sejauh 700 meter hingga 1.500 meter dari puncak. 

Erupsi pertama terjadi pada pukul 14.44 WIB. Kolom abu terpantau setinggi 500 meter warna kelabu dengan intensitas tebal dibawa angin ke arah Selatan. 

Editor : Stepanus Purba

Halaman : 1 2