Hadiri Milad ke-48 Fisip UMSU, Kapolda Tegaskan Tak Ada Ruang bagi Penjahat di Sumut

Antara ยท Jumat, 21 Februari 2020 - 13:06 WIB
Hadiri Milad ke-48 Fisip UMSU, Kapolda Tegaskan Tak Ada Ruang bagi Penjahat di Sumut
Kapolda Sumut Irjen Pol Martuani Sormin foto bersama usai hadiri Milad ke-48 Fisip UMSU, Kamis (20/2/2020). (Foto: Antara)

MEDAN, iNews.id – Kapolda Irjen Pol Martuani Sormin menegaskan tak ada ruang bagi penjahat di Sumatera Utara (Sumut). Ketertiban dan kenyamanan 16 juta penduduk Sumut harus dinomorsatukan.

"Jika ada yang mencoba dan melakukan tindak kejahatan, polisi akan bertindak tegas," ujarnya saat mengisi kuliah umum pada puncak Milad ke-48 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) di Medan, Kamis (20/2/2020).

Dia mengungkapkan, pemberantasan penyalahgunaan narkoba, penindakan kejahatan jalanan, penataan dan pengaturan lalu lintas menjadi prioritas Polda Sumut.

“Saya tak main-main dengan ini dan akan bertindak jelas, tegas dan tuntas,” kata mantan Kapolda Papua Barat dan Papua tersebut.

Menurutnya, selama mengemban tugas di Sumut. Dia sudah berkomitmen untuk mewujudkan visi misi dengan slogan ‘tidak ada tempat bagi penjahat di Sumut’. Slogan ini merupakan wujud tanggung jawab Polda Sumut dengan cara memberikan motivasi kepada personel untuk memberikan perlindungan dan menjadi pengayom masyarakat serta penegakan hukum.

“Program yang sejalan dengan tekad tersebut salah satunya Desa Bersinar atau Bersih Narkoba. Polda Sumut berkomitmen tidak ada toleransi dalam kasus-kasus narkoba. Termasuk terhadap aparat yang ikut menyalahgunakan fungsi dan tugasnya,” kata Martuani.

Sementara dalam menghadapi Pilkada Serentak 2020 pada 23 kabupaten/kota di Sumut, Kapolda menegaskan kesiapan di lapangan dengan memetakan daerah dan TPS rawan.

“Kami sudah siap. Untuk lebih suksesnya, kami tetap berharap peran serta KPU dan Bawaslu serta minta bantuan Kodam I Bukit Barisan,” ucapnya.

Rektor Agussani mengatakan, UMSU siap mendukung program-program Kapolda Sumut dalam upaya mewujudkan keamanan dan ketertiban.

“Kami siap bersinergi dan berkolaborsi untuk melakukan berbagai kegiatan yang tujuannya keamanan, ketertiban dan penegakan hukum,” katanya.


Editor : Donald Karouw