Hujan Deras dan Angin Kencang di Medan, Pohon Besar Tumbang dan Menutup Jalan

Said Ilham ยท Rabu, 29 Juli 2020 - 07:28 WIB
Hujan Deras dan Angin Kencang di Medan, Pohon Besar Tumbang dan Menutup Jalan
Pohon besar di Medan tumbang akibat hujan deras disertai angin kencang. (Foto: iNews/Said Ilham)

MEDAN, iNews.id - Hujan lebat disertai angin kencang yang terjadi di Medan, Sumatera Utara (Sumut) Selasa (28/7/2020) petang mengakibatkan sebatang pohon besar berusia puluhan tahun tumbang. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini namun kemacetan panjang terjadi akibat pohon menutup badan jalan.

Pohon jenis mahoni ini menutup badan jalan di Jalan Menteng Raya, Kota Medan. Akibatnya, kendaraan tidak dapat melintas.

BPBD Kota Medan yang menerima laporan pohon tumbang segera menuju lokasi dan melakukan evakuasi. Batang pohon yang melintang di jalan dipotong.

Lurah Teladan Timur, Frans Siahaan mengatakan, batang pohon yang besar dan keras menjadi kendala bagi petugas. Namun setelah satu jam, petugas dibantu warga berhasi mengevakuasi batang pohon tersebut.

“Respon petugas baik kepolisian untuk mengamankan jalan dan BPBD yang berusaha mengevakuasi pohon sangat cepat. Sekitar 15 menit setelah pohon tumbang, petugas sudah datang,” katanya Selasa (28/7/2020).

Tumbangnya batang pohon tersebut diduga karena sudah lapuk. Saat ini banyak pohon yang sudah berusia tua dan lapuk namun belum mendapat perhatian dari Pemerintah Kota Medan.

Pohon-pohon berusia tua dan lapuk ini dinilai membahayakan pengguna jalan lantaran rawan roboh saat hujan lebat disertai angin kencang.


Editor : Umaya Khusniah