Hutan Kawasan Danau Toba Terbakar, Posisi Dekat Objek Wisata Menara Padang Tele

Jafar ยท Senin, 01 Agustus 2022 - 15:41:00 WIB
Hutan Kawasan Danau Toba Terbakar, Posisi Dekat Objek Wisata Menara Padang Tele
Kebakaran hutan dan lahan (Karhutlah) kembali terjadi di perbukitan kawasan Danau Toba, Sumatra Utara (Sumut) hampir menghanguskan 10 hektare lahan. (Foto: Istimewa)

MEDAN, iNews.id - Kebakaran hutan dan lahan (Karhutlah) kembali terjadi di perbukitan kawasan Danau Toba, Sumatra Utara (Sumut) hampir menghanguskan 10 hektare lahan. Lokasi kebakaran juga dekat dengan objek wisata Menara Padang Tele.

Kebakaran tepatnya, di sekitar Desa Partungko Naginjang perbatasan di Desa Hariarapintu, Kecamatan Harian, Kabupaten Samosir. Dari informasi yang diperoleh bahwa, kebakaran hutan dan lahan tersebut sudah mulai terjadi pada Minggu (31/7/2022) siang. 

Di kawasan yang terbakar api masih terus berkobar dan petugas saat ini masih dalam proses pemadaman.  Lokasi kebakaran tersebut berdekatan dengan lokasi objek wisata favorit di kawasan Danau Toba, yakni Menara Padang Tele menjadi spot wisatawan berfoto dengan latar foto pemandangan indah Danau Toba.  

"Kalau tidak lupa saya, lokasi ini bisa didekati dari sekitar Persemaian Permanen Tele dan atau dari sekitar Menara Pandang Tele," kata Kepala Dinas Kehutanan (Dishut) Provinsi Sumatera Utara, Herianto, dikutip iNewsMedan.id, Senin (1/8/2022). 

"Anggota kita sudah disitu, masih saja ada (kebakaran). Saya menugaskan unit KPH (Kesatuan Pengelolaan Hutan) terdekat menurunkan anggota untuk membantu pemadam api," ucapnya lagi.

Herianto menuturkan, untuk proses pemadaman api tersebut, mereka menerjunkan personel dari Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) 12 dan KPH 14. Alasannya, okasi kebakaran berada di Unit KPH 13. 

"Kita menurunkan anggota KPH 14 dan KPH 12 untuk membantu KPH 13," tuturnya.

Editor : Nani Suherni

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: