Ini Kota yang Dipilih Presiden Jokowi Habiskan Malam Tahun Baru

Dita Angga, Sindonews ยท Selasa, 31 Desember 2019 - 16:14 WIB
Ini Kota yang Dipilih Presiden Jokowi Habiskan Malam Tahun Baru
Presiden Jokowi saat meresmikan Bendung Kamijoro di tepi Sungai Progo, DIY. (Foto: iNews.id/Kuntadi)

KULONPROGO, iNews.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menghabiskan malam tahun baru 2020 di Kota Yogyakarta, DIY. Namun tak akan acara khusus yang disiapkan dalam merayakan momen pergantian tahun tersebut.

“Tidak merayakan. Ini pas di Yogya saja, setelah meresmikan Bendungan Kamijoro sekalian menginap,” kata Jokowi, Selasa (31/12/2019).

Menurutnya, sosok Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubowono X memantapkan hatinya untuk memilih Yogyakarta sebagai lokasi menghabiskan malam tahun baru.

“Istimewa karena ada Ngarso Dalem (Sri Sultan Hamengkubowono X). Istimewanya di situ,” kataya.

Presiden Jokowi pun berharap Indonesia semakin baik di tahun 2020. “Berdoa semoga lebih baik,” ucapnya.

Sebelumnya, Jokowi meresmikan Bendung Kamijoro di tepi Sungai Progo. Kehadiran bendung ini penting untuk mendukung ketahanan pangan dan kepastian ketersediaan air di seluruh DIY.

Bendung ini mampu mengaliri air untuk 2.370 hektare lahan pertanian di Bantul. Pasokan yang melimpah juga mampu meningkatkan intensitas tanam dari 205 persen menjadi 270 persen.

Selain itu Bendung Kamijoro diklaim mampu menyediakan air baku di Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) dan di Bantul serta Kulonprogo. Nantinya keperluan air baku dari Sungai Progo bisa disalurkan hingga Kota Yogyakarta.


Editor : Donald Karouw