Ini Langkah Bank Indonesia dalam Mendukung Kampanye Beli Kreatif Danau Toba

Wahyudi Aulia Siregar ยท Minggu, 21 Februari 2021 - 11:09:00 WIB
Ini Langkah Bank Indonesia dalam Mendukung Kampanye Beli Kreatif Danau Toba
Bank Indonesia mendukung kampanye Beli Kreatif Danau Toba. (Foto: Wahyud Aulia Siregar)

DAIRI, iNews.id - Bank Indonesia menyiapkan dua strategi khusus untuk mendukung kampanye Beli Kreatif Danau Toba (BKDT) yang telah di-launching secara resmi oleh Presiden Joko Widodo, Sabtu (20/2/2021). Dukungan itu dilakukan baik pada saat pre-launching, grand launching maupun Post-Launching.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumat a Utara Soekowardoyo mengungkapkan, dua sudah lakukan strategi, yakni pengembangan Usaha Mikro Kecil Kecil dan Menengah (UMKM) serta ekonomi syariah dan digitalisasi sistem pembayaran melalui QR Code Indonesian Standart (QRIS) di 8 kabupaten yang ada di Kawasan Danau Toba. 

Dukungan itu dilakukan baik pada saat setiap tahapan. Partisipasi BI Sumut pada saat preLaunching telah dilakukan sejak tanggal 1-19 Februari 2021. Di antaranya melalui fasilitiasi 35 UMKM binaan untuk mengikuti proses kurasi produk oleh Tim Kurator idEA yang selanjutkan diikutsertakan dalam rangkaian kegiatan GBBI BKDT 2021. 

"Kemudian partisipasi pada BKDT Fair di Mall Sumarecon, Serpong, pada tanggal 11-21 Februari 2021. Penyelenggaraan berbagai kegiatan pelatihan digital marketing dan pendampingan UMKM bekerja sama dengan marketplace dan (4) melaksanakan roadshow 'UMKM Siap Digital' bersama Top Brand Gernas BBI BKDT 2021 yaitu DANA pada 15-18 Februari 2021," ujar Soekowardoyo, Minggu (21/2/2021).

Acara grand launching diselenggarakan secara serentak dari dua lokasi pinggiran Danau Toba yaitu Balige dan Tao Silalahi, Kabupaten Dairi, Sumatra Utara secara hybrid pada tanggal 20 Februari 2021. Pada acara tersebut. Gubernur Bank Indonesia, Menko Marves, Menteri Keuangan dan Menteri Kominfo akan melakukan belanja online jarak jauh yang akan dipandu Menteri Parekraf Sandiaga Uno menggunakan ORIS. 

"Pada kesempatan ini, BI Sumut juga bersinergi dengan Pemkab Dairi menyelenggarakan fashion showkain etnik khas daerah Sumatera Utara dengan melibatkan UMKM binaan dan fashion designer nasional yaitu Wignyo Rahardi," katanya. 

Editor : Donald Karouw

Halaman : 1 2