Daftar Jalan Tol Terpanjang di Indonesia, Trans Sumatera Urutan Berapa?

Faqihah Husnul Khatimah ยท Senin, 19 September 2022 - 14:09:00 WIB
Daftar Jalan Tol Terpanjang di Indonesia, Trans Sumatera Urutan Berapa?
Jalan tol Trans Sumatera. (Foto: Ilustrasi/Ist)

JAKARTA, iNews.id – Jalan tol terpanjang di Indonesia sudah mencapai ratusan ribu kilometer. Menariknya, jalan tol ini tidak terpusat di Pulau Jawa.

Indonesia tengah giat membangun infrastruktur untuk mendorong pertumbuhan ekonomi, salah satunya jalan tol. Berdasarkan data dari Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, terdapat 67 jalan tol yang beroperasi di Jabodetabek, Trans Jawa, Non Trans Jawa, Trans Sumatera, Sulawesi, Bali, dan Kalimantan. 

Dari total jalan tol tersebut, ada yang memiliki panjang ratusan ribu kilometer dan bahkan sudah mencatatkan namanya di Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai jalan tol terpanjang di Indonesia. 

Jalan Tol Terpanjang di Indonesia

1. Terbanggi Besar -  Pematang Panggang – Kayu Agung

Jalan tol ini menduduki peringkat pertama dengan panjang 189,4 Km. Jalan tol ini termasuk dalam lintas Tol Trans Sumatera yang digarap PT Hutama Karya (Persero). Jalan Tol Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung mencatatkan diri sebagai ruas jalan tol terpanjang di Indonesia dan telah diakui oleh Museum Rekor Indonesia (MURI). 

Presiden Joko Widodo meresmikannya di depan Gerbang Tol Simpang Pematang KM 240 pada 15 November 2019. Sementara itu, jalan tol ini sudah beroperasi terhitung tanggal 14 November 2019.

2. Bakauheni – Terbanggi Besar (140,41 km)

Jalan Tol Bakauheni – Terbanggi Besar menjadi bagian Tol Trans Sumatera dan menempati peringkat kedua ruas jalan tol terpanjang di Indonesia.

Jalan tol sepanjang 140,41 Km ini memiliki sembilan simpang susun, yaitu Bakauheni, Kalianda, Sidomulyo, Lematang, Kotabaru, Natar, Metro, Gunung Sugi, dan Terbanggi Besar. Pengerjaannya dikelola oleh PT Hutama Karya (Persero) dan diresmikan pertama kali oleh Presiden Joko Widodo pada 21 Januari 2018.

3. Pekanbaru – Dumai (131,69 km)

Masih termasuk Tol Trans Sumatera, Jalan Tol Pekanbaru – Dumai memiliki panjang 131,69 Km. Jalan tol ini memiliki enam simpang susun, yakni Minas, Kandis Selatan, Kandis Utara, Duri Selatan, Duri Utara, dan Duri.

Presiden Joko Widodo meresmikan secara virtual pada September 2020 dan berharap jalan tol ini bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat Riau. Menariknya, Jalan Tol Pekanbaru – Dumai memiliki lima buah terowongan untuk perlintasan hewan, yaitu gajah dan beruang.

Editor : Nani Suherni

Halaman : 1 2 3

Follow Berita iNewsSumut di Google News

Bagikan Artikel: