Jibom Polda Sumut Musnahkan Barang Bukti Bom Medan, Kali Ini dengan Cara Distrakter

Stepanus Purba ยท Kamis, 21 November 2019 - 13:30:00 WIB
Jibom Polda Sumut Musnahkan Barang Bukti Bom Medan, Kali Ini dengan Cara Distrakter
Anggota Jibom Polda Sumut saat proses disposal atau pemusnahan barang bukti bom dengan cara distrakter di Lahan PTPN II Deliserdang. (Foto: Istimewa)

MEDAN, iNews - Tim penjinak bom (Jibom) dari Gegana Brimob Polda Sumatera Utara (Sumut) kembali melaksanakan disposal atau pemusnahan barang bukti peledak yang diamankan Densus 88 dari terduga teroris Anto di tambak udang milik Hasbilah, di Sicanang, Medan Belawan. Proses pemusnahan dilakukan di lahan Perkebunan PTPN ll Helvetia, Jalan Sei Bederah Jatian, Pasar III Lori, Dusun 20, Desa Klumpang Kebon, Kecamatan Hamparan Perak, Deliserdang, Kamis (21/11/2019).

Kasubden Jibom Gegana Brimob Polda Sumatera Utara AKP Daud Pelawi mengatakan, proses disposal kali ini berbeda dengan cara pemusnahan sebelumnya dengan cara dipendam dan diledakkan. Namun kali ini menggunakan metode pendistrakteran.

"Kalau kemarin kita disposal dengan cara dihancurkan. Maka ini dicerai beraikan," ujarnya, Kamis (21/11/2019).

Dalam proses distrakter, tim Jibom memisahkan semua komponen yang ada dari rangkaian bom tersebut.

"Jadi kami pisahkan dari casingnya, kabel switch-nya dan inisiator serta isiannya berupa paku dan beberapa komponen lainnya," kata Daud.

Menurutnya, bom Medan yang dilakukan disposal masuk dalam kategori low eksplosif. "Tapi kita tidak bicara high atau low-nya. Namun besar dampaknya," ucap perwira polisi pangkat tiga balok tersebut.

Lokasi disposal ini sama dengan yang dilakukan pada Senin (18/11/2019). Sejauh ini, sudah dua kali Jibom Polda Sumut melakukan pemusnahan bom. Di mana kali ini, bom yang ditemukan dalam tambak milik Hasbillah di Canang Kering, Sicanang, Kecamatan Medan Belawan, Kota Medan. Bom tersebut diketahui milik tersangka bernama Anto.

Editor : Donald Karouw

Bagikan Artikel: