Jokowi Pakai Baju Adat Batak Toba di Medan, Diberi Tongkat Balehat Raja

Antara ยท Kamis, 07 Juli 2022 - 16:16:00 WIB
Jokowi Pakai Baju Adat Batak Toba di Medan, Diberi Tongkat Balehat Raja
Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo mengikuti prosesi tradisi adat Batak Toba di Medan, Sumatera Utara, Kamis (7/7/2022). (ANTARA/HO-Biro Pers Sekretariat Presiden)

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo beserta Ibu Negara Iriana Joko Widodo menghadiri puncak peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-29 Tahun 2022 di Lapangan Merdeka, Kota Medan, Sumatera Utara, Kamis (7/7/2022). Kedatangannya disambut tradisi adat Batak Toba.

Saat tiba di lokasi acara, Presiden dan Ibu Negara yang menggunakan pakaian adat Sumatera Utara baju adat Toba disambut tarian Semarak Indonesiaku. Tarian ini dibawakan masyarakat Kampung KB Binaan Dinas Kebudayaan Kota Medan.

Setelahnya, Presiden dan Ibu Negara mengikuti prosesi tradisi adat Batak Toba. Jokowi diberikan tongkat 'Balehat Raja' yang memiliki arti lambang kekuatan Presiden Jokowi dalam menjalankan kepemimpinan di Tanah Air.

"Kita berikan tongkat Balehat Raja untuk menjadi semacam perlambang kekuatan kepada Bapak Presiden dalam rangka menjalankan kepemimpinannya," ujar tokoh masyarakat Sumut Rustam Effendy Nainggolan dalam keterangannya usai prosesi berlangsung, Kamis (7/7/2022).

Peringatan Harganas ke-29 Tahun 2022 ini mengambil tema 'Ayo Cegah Stunting Agar Keluarga Bebas Stunting'.

Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) Hasto Wardoyo dalam sambutan menyampaikan apresiasi atas kehadiran Presiden dan Ibu Negara dalam Harganas kali ini.

Editor : Donald Karouw

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsSumut di Google News

Bagikan Artikel: