Kapal Bocor akibat Tabrak Beting di Perairan Belawan, 4 ABK Berhasil Dievakuasi

Stepanus Purba ยท Sabtu, 26 Desember 2020 - 18:56:00 WIB
Kapal Bocor akibat Tabrak Beting di Perairan Belawan, 4 ABK Berhasil Dievakuasi
KM Aini Jaya yang tenggelam di Perairan Belawan setelah menabrak beting. (Foto: istimewa)

MEDAN, iNews.id - Sebuah kapal motor (KM) Aina Jaya mengalami kebocoran di Perairan Belawan usai menabrak beting (kedangkalan), Jumat (25/12/2020). Beruntung, empat orang anak buah kapal (ABK) berhasil diselamatkan Kapal Patroli Keamanan Laut (Patkamla) Teluk Nibung Lantamal I, Koarmada I. 

Dari informasi yang dihimpun, petugas Patkamla mendapatkan informasi KM Aini Jaya mengalami kebocoran di alur pelayaran Belawan tepatnya di sekitar Bouy 9, Perairan Belawan. Mendapatkan informasi tersebut, Kapal Patkamla Teluk Nibung langsung menuju lokasi untuk memberikan pertolongan.

Setiba di lokasi, petugas mendapatkan ABK KM Aini Jaya berupaya melakukan penanganan pertama dengan menghidupkan pompa air. Langkah ini dilakukan untuk mengurangi debit air yang masuk ke kapal. 

Namun mesin pompa air tersebut tidak dapat berfungsi dan membuat air masuk hingga menenggelamkan bagian buritan kapal. Patkamla Teluk Nibung langsung melakukan pertolongan dengan mencoba menarik KM Aina menuju ke tepi alur pelayaran supaya tidak mengganggu pelayaran keluar atau masuk Belawan, dan berhasil dikandaskan di perairan terdekat di sekitar Bouy 9.

Setelah pada posisi aman seluruh ABK Kapal KM Aina Jaya dievakuasi petugas menuju kapal Patkamla Teluk Nibung. Keempat orang yang dievakuasi yakni Edi Apriyanto (23), Darmono (67), Sukiman (40) dan Subinanto (54). 

Nakhoda Kapal, Edi Apriyanto mengatakan KM Aina Jaya tengah berlayar menuju daerah kebun sawit di seberang untuk memuat hasil perkebunan sawit. 

"Sampai di sekitar Buoy 9 kapal kami mengalami kebocoran di bagian mesin," kata Edi, Sabtu (26/12/2020).

Editor : Stepanus Purba

Halaman : 1 2