Kapolda Sumut Imbau Warga Tak Melayat ke Rumah Duka Pasien Suspect Corona

Aminoer Rasyid · Senin, 23 Maret 2020 - 17:11:00 WIB
Kapolda Sumut Imbau Warga Tak Melayat ke Rumah Duka Pasien Suspect Corona
Kapolda Sumut Irjen Pol Martuani Sormin. (Foto: Aminoer Rasyid)

MEDAN, iNews.id - Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Martuani Sormin mengimbau agar warga tidak melayat ke rumah duka pasien suspect virus corona yang meninggal dunia. Hal ini demi alasan kesehatan dan mencegah penularan.

"Untuk saat ini percayakan pada tim medis yang lebih mengerti," ujar Kapolda Sumut Irjen Pol Martuani Sormin saat mengikuti pelaksaan rapat pencegahan covid-19 di Pendopo Gubernuran Sumut, Medan, Senin (23/3/2020).

Menurutnya, virus atau bakteri Covid-19 ini cepat menyebar dalam kondisi tubuh yang sudah tidak berfungsi. Bahkan, kendaraan yang mengantar juga harus dibersihkan secara higienis setelah pengangkatan jenazah dan semua sarung tangan maupun peralatan sekali pakai harus dibuang dengan aman.

"Baik keluarga dan masyarakat kami imbau agar dapat mengerti dengan situasi ini. Karena hal ini dapat membahayakan kita semua," katanya.

Dia menjelaskan, dalam kasus kematian akibat Covid-19, tidak akan dilakukan pemeriksaan jenazah.

"Jenazah sesegera mungkin dimasukkan kendalam kantong mayat dan tidak dibuka kembali. Harus ditutup rapat-rapat dan segera dimakamkan," ujar Kapolda.

Sebelumnya, Plt Wali Kota Medan Akhyar Nasution mengungkapkan jika ada pasien suspect Covid-19 yang dinyatakan meninggal dunia. Itu berarti, saat ini sudah ada dua orang yang meninggal dunia, meski yang terakhir belum dinyatakan positif karena masih status terduga. Korban merupakan warga Kelurahan Kwala Bekala, Kecamatan Medan Johor, Kota Medan.

Editor : Donald Karouw

Bagikan Artikel: