Kapolda Sumut Sebut Ada 4 Aktor Utama Kerusuhan Rutan Kabanjahe

Stepanus Purba ยท Kamis, 13 Februari 2020 - 15:10 WIB
Kapolda Sumut Sebut Ada 4 Aktor Utama Kerusuhan Rutan Kabanjahe
Kapolda Sumut Irjen Pol Martuani Sormin. (Foto: iNews/ Aminoer Rasyid)

MEDAN, iNews.id - Kapolda Sumut Irjen Pol Martuani Sormin menyebut ada empat aktor utama dalang kerusuhan Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Kabanjahe di Kabupaten Karo sudah diamankan. Mereka kini menjalani pemeriksaan intensif di Mapolres Karo.

"Saat ini kami sudah tetapkan empat tahanan narkotika sebagai aktor intelektual," ujar Martuani, seusai rapat dengar pendapat soal penanganan kasus babi mati di Kantor DPRD Sumut, Kamis (13/2/2020).

Kapolda mengatakan, keempat tahanan ini sebelumnya diberikan hukuman disiplin oleh petugas rutan. Namun mereka malah melawan dan memprovokasi napi lainnya.

"Mereka memicu kerusuhan dengan melawan petugas sipir," katanya.

Dia menegaskan, situasi pascakerusuhan saat ini sudah kondusif. Sebanyak 410 narapidana telah dievakuasi. Tak ada satu dari mereka yang kabur saat kejadian.

Penghuni Rutan Kabanjahe berjumlah 410 orang. Narapidana laki-laki ada 188 orang dan perempuan 16 orang. Sementara tahanan laki-laki 192 orang dan perempuan 14 orang.

"Semua sudah kami evakuasi dan selamatkan. Total ada 380 laki-laki dan 30 perempuan. Tadi malam 192 tinggal di Polres Karo karena masih proses persidangan dan 191 itu sudah dipindahkan ke Hinai, Binjai, Medan dan Sidikalang," ucap Kapolda.

Sebelumnya, Kapolres Karo AKBP Benny Hutajulu menyebutkan 20 orang sudah ditetapkan sebagai tersangka kerusuhan Rutan Kabanjahe, Rabu (12/2/2020). 


Editor : Donald Karouw