20 Napi Ditetapkan Jadi Tersangka Kerusuhan Rutan Kabanjahe

Stepanus Purba ยท Kamis, 13 Februari 2020 - 11:10 WIB
20 Napi Ditetapkan Jadi Tersangka Kerusuhan Rutan Kabanjahe
Situasi Rutan Kelas II B Kabanjahe, Kabupaten Karo, Sumut, pascakerusuhan Rabu (12/2/2020). (Foto:Istimewa )

MEDAN,iNews.id - Sedikitnya 20 narapidana ditetapkan sebagai tersangka dalam kerusuhan di Rumah Tahanan Negara (Rutan) kelas II B Kabanjahe, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, Rabu (12/2/2020). Saat ini polisi masih terus menyelidiki pemicu kerusuhan tersebut. 

"Sudah 20 napi ditetapkan sebagai tersangka dan saat ini menjalani pemeriksaan di Polres Karo," ujar Kapolres Karo AKBP Benny Hutajulu saat dikonfirmasi, Kamis (13/2/2020).

Dia menuturkan, situasi di rutan sudah kondusif. Dipastikan tak ada narapidana yang kabur pascakerusuhan. 

"Napi semua lengkap. Tidak ada yang kabur,"  katanya. 

Kapolda Sumut Irjen Pol Martuani Sormin menjelaskan, kerusuhan berawal saat petugas memberikan sanksi kepada napi yang melakukan pelanggaran displin. Namun ternyata, Napi tersebut melawan dan memprovokasi rekan-rekannya. 

"Sebagaimana dalam teori kelompok, mereka sangat solidaritas. Itulah yang memicu mereka melawan dan membuat kerusuhan," ucap Martuani.  

Diketahui, Rutan Kelas II B Kabanjahe rusuh, Rabu (12/2/2020). Kerusuhan terjadi saat razia petugas rutan yang berujung penolakan dari para napi. 

Oleh petugas sebagian besar napi dipindahkan ke Lapas yang ada di  Medan, Humbahas, Sidikalang dan Binjai.  Sementara 142 Napi lainnya masih akan menempati tiga sel tahanan di Rutan Kabanjahe karena masih harus menjalani persidangan.20 Napi Ditetapkan Jadi Tersangka Kerusuhan Rutan Kabanjahe.


Editor : Donald Karouw