Kapolda Sumut Sebut Kecelakaan Kerja Penyebab Kebakaran Kapal Tanker di Pelabuhan Belawan

Ahmad Ridwan Nasution ยท Rabu, 13 Mei 2020 - 10:38 WIB
Kapolda Sumut Sebut Kecelakaan Kerja Penyebab Kebakaran Kapal Tanker di Pelabuhan Belawan
Kapolda Sumatera Utara, Irjen Pol Martuani Sormin (Foto : iNews/Ahmad Ridwan Nasution)

MEDAN, iNews.id- Polisi telah memeriksa sebanyak 12 orang saksi terkait kebakaran Kapal Tanker Mt Jag Leela di Pelabuhan Belawan, Senin (11/5/2020). Namun, petugas Laboratorim Forensik (Labfor) Polda Sumatera Utara (Sumut) belum dapat memeriksa kapal tanker tersebut karena kondisinya masih panas.

Kapolda Sumut Irjen Pol Martuani Sormin mengatakan berdasarkan pemeriksaan awal, kebakaran Kapal Tanker Mt Jag Leela disebabkan kecelakaan kerja. Polisi masih akan menggali lebih jauh penyebab pasti kebakaran kapal tanker tersebut.

"Sementara kita duga kecelakaan kerja. Namun untuk memastikan dugaan tersebut, tim Labfor Polda Sumut akan melakukan penyelidikan untuk membuktikannya," kata Martuani, Selasa (12/5/2020) malam.

Martuani mengatakan, penyelidikan dan olah tempat kejadian perkara (TKP) masih harus menunggu hingga kondisi sudah memungkinkan dimasuki petugas labfor.

"Mudah-mudahan dalam 24 jam ke depan, badan kapal sudah dingin hingga tim kita bisa masuk untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut," ucapnya.

Diketahui, kebakaran Kapal Tanker Mt Jag Leela yang terjadi di Pelabuhan Belawan, Senin (11/5/2020) lalu dan menyebabkan tujuh orang meninggal dunia. Tak hanya itu, 22 orang lainnya juga mengalami luka bakar dan dirawat di dua rumah sakit di Belawan.

Posisi kapal saat terbakar tengah bersandar di galangan kapal milik PT Waruna Nusa Sentana Shipyard di Pelabuhan Belawan.


Editor : Stepanus Purba