Kapten Inf Anumerta Erizal Dimakamkan, TNI: Almarhum Menjadi Teladan Kita Semua

Stepanus Purba · Jumat, 20 Desember 2019 - 19:44:00 WIB
Kapten Inf Anumerta Erizal Dimakamkan, TNI: Almarhum Menjadi Teladan Kita Semua
Pemakaman Kapten Inf Anumerta Erizal di Taman makam Pahlawan Sidikalang, Kabupaten Dairi (Istimewa)

DAIRI, iNews.id - Suasana haru mewarnai prosesi pemakaman Kapten Inf Anumerta Erizal Zuhri Sidabutar (29). Erizal merupakan prajurit TNI yang menjadi korban penembakan di Papua.

Almarhum Erizal dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Sidikalang, Kabupaten Dairi. Proses pemakaman dilakukan dengan upacara militer, Jumat (20/12/2019).

Upacara militer pemakaman Lettu Erizal dipimpin langsung oleh Komandan Korem 023/Kawal Samudera, Kolonel Inf Tri Saktiyono. Dalam pidatonya, Kolonel Inf Tri Saktiyono berharap keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan

"Saya komandan Korem 023/Kawal Samudera atas nama negara dan Tentara Nasional Indonesia dengan mempersembahkan ke persada ibu pertiwi jiwa raga dan jasa jasa almarhum Kapten (inf) Anumerta Erizal Zuhri," kata Tri Saktiyono.

Tri Saktiyono menambahkan, gugurnya Kapten Inf Anumerta Erizal Zuhri Sidabutar dalam rangka menjaga keutuhan NKRI akan menjadi teladan bagi semua pihak.

"Semoga jalan dharma bakti yang ditempuhnya dapat menjadi teladan bagi kita semua. Semoga arwahnya mendapat tempat semestinya di alam baka," tutup Saktiyono mengakhiri sambutan.

Sementara itu, ayah Kapten Inf Anumerta Erizal Zuhri Sidabutar dalam sambutanya mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu prosesi pemakaman. Dia juga memohon maaf apabila selama ini dalam pergaulan anaknya pernah berbuat salah.

Seperti diketahui, Lettu Erizal Zuhri Sidabutar gugur di Papua saat penyerangan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Kabupaten Intan Jaya, Papua, Selasa (17/12/2019). Selain Erizal, rekannya Serda Rizky juga gugur dalam kontak tembak itu. Saat kejadian, kedua prajurit TNI itu sedang melakukan pengamanan menjelang perayaan Natal di Distrik Sugapa.

Jenazah Erizal dan Rizky selanjutnya diterbangkan melalui Bandara Moses Kilangin Timika ke kampung halaman masing-masing pada Kamis (19/12/2019).

Pangdam Bukit Barisan Mayjen Fadhilah memberikan kenaikan pangkat karena pengabdian terbaiknya pada NKRI. Pangkat Erizal naik dari Lettu Inf menjadi Kapten Inf Anumerta Erizal Zuhri Sidabutar.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto