Kasus Covid-19 di Sumut Melandai, Edy Rahmayadi Tetap Kejar Vaksinasi Booster

Nani Suherni ยท Kamis, 30 Juni 2022 - 13:34:00 WIB
Kasus Covid-19 di Sumut Melandai, Edy Rahmayadi Tetap Kejar Vaksinasi Booster
Gubernur Sumut Edy Rahmayadi saat rapat virtual perkembangan Covid-19 di luar Jawa dan Bali (Foto:Dok Pemprov Sumut)

Menurut keterangan Menteri Koordinator Bidang Ekonomi Airlangga Hartarto, saat ini terjadi kenaikan kasus Covid-19, terutama Eropa. Karena itu, pemerintah kembali mengingatkan agar setiap daerah waspada.

Data sampai dengan 7 Juni 2022 perkembangan harian kasus Covid-19 di Indonesia di angka 1.445. Hanya saja jumlah kasus tersebut lebih rendah dari negara tetangga India (11.793), Singapura (5.309), Thailand (3.496) dan Malaysia 1.894.

“Terdapat kenaikan kasus Omicron di berbagai negara terutama Eropa, namun di Indonesia masih rendah. Walau begitu, kita tetap harus waspada karena belajar dari yang sebelumnya kasus kita meningkat setelah Eropa mencapai puncaknya,” kata Airlangga.

Sementara itu, Menteri Kesehatan Budi Gunadi mengatakan penambahan kasus Covid-19 sebagian besar disebabkan subvarian Omicron BA.4 dan BA.5. Hanya saja tidak terlalu mengkhawatirkan karena perkembangan kasusnya tergolong cepat.

“Kalau dilihat dari perkembangan di negara Eropa, varian ini cepat mencapai puncak kasus, rata-rata kurang dari 40 hari. Tingkat fatality rate-nya juga rendah, karena itu vaksin booster harus kita push untuk memperkecil risiko,” ucap Budi Gunadi.

Editor : Nani Suherni

Follow Berita iNewsSumut di Google News

Bagikan Artikel: