Kasus Insentif Covid, Manajemen RS Pirngadi Medan Diperiksa Ombudsman Sumut

Ahmad Ridwan Nasution ยท Kamis, 18 Februari 2021 - 22:38:00 WIB
Kasus Insentif Covid, Manajemen RS Pirngadi Medan Diperiksa Ombudsman Sumut
Tenaga Kesehatan RS Pirngadi Medan saat berunjuk rasa menuntut pencairan dana insentif Covid-19. (Foto: iNews/Ahmad Ridwan Nasution)

MEDAN, iNews.id – Manajemen Rumah Sakit (RS) Pirngadi Kota Medan diperiksa Ombudsman Sumut terkait kasus pencairan dana insentif tenaga kesehatan Covid-19.

Selama dua jam, Wakil Direktur RS Pirngadi Muhammad Reza mewakili jajaran direksi diperiksa Ombudsman RI.

Seusai diperiksa, Muhammad Reza mengatakan, dana insentif tidak berada di rumah sakit melainkan di Dinas Kesehatan (Dinkes) Medan.

Dia juga mengatakan, berkas pencairan sampai bulan Desember 2020 sudah diusulkan dan sudah dilengkapi ke Dinkes, namun hingga kini dana insentif tak kunjung ditransfer oleh Dinkes ke rekening para nakes.

“Kami (RS) hanya sebatas pengusul berkas nakes yang akan menerima dana insentif. Selanjutnya yang melakukan verifikasi berkas dan pencarikan pihak Dinas Kesehatan Medan,” katanya.

Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sumut, Abyadi Siregar mengatakan, pemeriksaan tersebut semakin menguatkan indikasi ada tata kelola keuangan yang tidak baik.

“Kami akan memanggil kepala Dinas Kesehatan Pemko Medan dan Sekda Kota Medan untuk pemeriksaan lebih lanjut,” katanya.

Sebelumnya, sejumlah tenaga kesehatan RS Pirngadi Medan berunjuk rasa menuntut pencairan dana insentif Covid-19 yang tak kunjung turun sejak mei hingga Desember 2020. Kondisi itu membuat para nakes kecewa karena mereka telah berjuang keras menangani pasien Covid-19.

Editor : Kastolani Marzuki