Kecewa Penyaluran BLT di Mandailing Natal, Warga Hutapuli Siabu Blokade Jalinsum

Antara ยท Selasa, 16 Juni 2020 - 15:16 WIB
Kecewa Penyaluran BLT di Mandailing Natal, Warga Hutapuli Siabu Blokade Jalinsum
Kisruh penyaluran BLT, warga Desa Hutapuli, Kecamatan Siabu, Mandailing Natal memblokade jalan lintas Sumatera (Jalinsum). (Foto: ANTARA/HO)

PANYABUNGAN, iNews.id - Warga Desa Hutapuli, Kecamatan Siabu, Kabupaten Mandailing Natal (Madina) memblokade jalan lintas Sumatera (Jalinsum), Selasa (16/6/2020). Aksi ini buntut kekecewaan warga dalam penyaluran bantuan langsung tunai (BLT).

Informasi yang dihimpun, kejadian ini diduga berawal dari adanya penambahan peserta penerima untuk penyaluran BLT di Desa Hutapuli. Rapat keputusan soal penambahan penerima BLT tersebut tanpa diikuti dan diketahui Badan Permusyawaratan Desa (BPD).

"Informasi sementara begitu, kami baru tiba ke lokasi untuk melakukan mediasi. Penyebab sementara kami ketahui karena BPD tidak menerima keputusan terkait penambahan jumlah penerima BLT," ujar Camat Siabu Ali Himsar Nasution yang dihubungi wartawan, Selasa (16/5/2020).

Sementara itu, Kapolsek Siabu AKP Ayub Nasution mengungkapkan, saat ini Muspika sedang memediasi masyarakat agar membuka blokade jalan tersebut.

"Saya lagi rapat sama warga, sedang mediasi, nanti dihubungi lagi ya," kata Ayub.

Kepala Desa Hutapuli Hanafi Nasution mengatakan, jumlah penerima BLT ini sesuai dengan daftar penerima sebelumnya yakni sebanyak 70 orang.

"BLT kami bagikan kepada 70 orang warga dan tidak ada penambahan penerima. Kalau soal blokade jalan apa penyebabnya saya tidak tahu," ujar Kades.


Editor : Donald Karouw