Keluarga Tolak Pasien Covid-19 di Sibolga Dirujuk ke Rumah Sakit di Medan

Sukriadi Tanjung ยท Kamis, 09 Juli 2020 - 12:01 WIB
Keluarga Tolak Pasien Covid-19 di Sibolga Dirujuk ke Rumah Sakit di Medan
Keluarga AG saat berdialog dengan Gugus Tugas Kota Sibolga. (Foto: iNews/Sukriadi Tanjung)

SIBOLGA, iNews.id - Keluarga dari AG (69), pasien positif Covid-19 di Kota Sibolga, Sumatera Utara (Sumut), menolak orang tuanya dirujuk ke rumah sakit di Kota Medan. Keluarga meyakini kerabat mereka tidak terpapar virus corona, melainkan terkena serangan stroke.

Juru Bicara Gugus Tugas Kota Sibolga, Firmansyah Hulu mengatakan, dialog panjang antara Gugus Tugas Kota Sibolga dengan pihak keluarga terkait status AG sempat terjadi karena keputusan merujuk pasien AG ke Medan mendapatkan penolakan dari pihak keluarga. Walaupun sudah ditunjukkan hasil tes swab, keluarga tetap bersikeras AG tidak terpapar Covid-19.

Gugus Tugas bahkan harus melibatkan pihak kepolisian dari Polres Sibolga untuk meyakinkan keluarga AG. Namun, keluarga beralasan memiliki sejumlah pertimbangan sehingga keberatan AG dirawat di rumah sakit rujukan Covid-19 di Kota Medan.

"Kita tidak mengerti juga alasan keluarga. Namun jika pihak keluarga ingin ibu ini (AG) ditangani secara baik, sebaiknya dirawat di rumah sakit rujukan Covid-19," kata Firmansyah, Kamis (9/7/2020).

Firmasyah mengatakan, meski mendapatkan penolakn, pihaknya akan mengirim AG ke Kota Medan untuk mendapatkan perawatan intensif sesuai dengan standar penanganan pasien Covid-19.

"Wajib kita kirim," ujarnya.

Setelah bernegosiasi cukup panjang, pihak keluarga pun akhirnya merelakan AG dirawat di Kota Medan untuk perawatan lebih lanjut. Dengan menggunakan ambulans milik Pemerintah Kota Sibolga, AG kemudian dibawa ke rumah sakit rujukan di Kota Medan.


Editor : Stepanus Purba