Kendalikan Inflasi, Pemko Medan dan Pemkab Dairi Lakukan KAD Penyediaan Bahan Kebutuhan Pokok

Anindita Trinoviana ยท Rabu, 19 Oktober 2022 - 16:27:00 WIB
Kendalikan Inflasi, Pemko Medan dan Pemkab Dairi Lakukan KAD Penyediaan Bahan Kebutuhan Pokok
Pemko Medan dan Pemkab Dairi sepakat lakukan kerja sama untuk penyediaan bahan kebutuhan pokok sebagai upaya pengendalian inflasi. (Foto: dok Pemko Medan)

MEDAN, iNews.id - Pemko Medan dan Pemkab Dairi siap melakukan Kerja sama Antar Daerah (KAD) untuk penyediaan bahan kebutuhan pokok, terutama cabai sebagai upaya pengendalian inflasi. Sebab, cabai merupakan salah satu komoditi penyumbang inflasi tertinggi di Kota Medan.

Hal ini terungkap dalam pertemuan Wali Kota Medan Bobby Nasution dan Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu di Balai Kota Medan, Selasa (18/10/2022). Diketahui, Pemkab Dairi merupakan daerah penghasil komoditi cabai terbesar di Sumut.

Dalam pertemuan tersebut, Bobby Nasution yang didampingi Sekda Kota Medan Wiriya Alrahman beserta pimpinan OPD terkait di lingkungan Pemko Medan mengatakan, KAD ini dilakukan untuk menindak lanjuti instruksi Presiden RI Joko Widodo agar pemerintah daerah dapat menekan angka inflasi di bawah 5 persen.

“Kami coba menindaklanjuti instruksi Bapak Presiden dengan ikut mengendalikan inflasi, terutama di bidang pangan. Salah satu solusi yang dilakukan menjalin kerja sama dengan daerah penghasil komoditi pangan di Sumut, salah satunya Kabupaten Dairi,” kata Bobby Nasution.

Dikatakan Bobby, ketika Kepala Daerah diundang Presiden beberapa waktu lalu terkait pengendalian inflasi, dirinya bersama Bupati Dairi telah berdiskusi bagaimana mengendalikan inflasi secara langsung yang bisa dilakukan Pemko Medan dan Pemkab Dairi.

“Pak Bupati Dairi berkenan memberikan kita lahan lebih kurang 300 hektar untuk bisa ditanami petani Dairi dengan kepastian off taker adalah masyarakat Kota Medan melalui Pemko Medan. Kita menunjuk PUD Pasar Kota Medan yang nanti akan melakukan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan koperasi pertanian di Dairi,” ucapnya.

Terkait itu, Bobby mengaku, kemarin telah melakukan rapat teknis dan diharapkan pertemuan hari ini bisa final, sehingga dilanjutkan dengan eksekusi di lapangan. Untuk itu, lanjutnya, diharapkan penjelasan dari Pemkab Dairi terkait skema mulai dari pembukaan lahan, penanaman, pembudidayaan sampai kepastian off taker bisa dilanjutkan dengan Pemko Medan.

“Poin utama pertemuan ini bagaimana kita bisa menjaga inflasi,” tuturnya.

Editor : Anindita Trinoviana

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsSumut di Google News

Bagikan Artikel: