Korban Tewas Bus Rombongan Pesta Masuk Jurang 6 orang, 9 Masih Hilang

Stepanus Purba · Senin, 20 Agustus 2018 - 11:18 WIB
Korban Tewas Bus Rombongan Pesta Masuk Jurang 6 orang, 9 Masih Hilang
Kondisi bus nahas yang jatuh ke dalam jurang terjebak di aliran sungai. (Foto: Istimewa)

TOBASA, iNews.id - Evakuasi bus milik PT Sentosa yang terjun bebas ke jurang sedalam 60 meter di Desa Lumban Rau Timur, Kecamatan Nassau, Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) pada Sabtu (18/8/2018) lalu akhirnya berhasil dilakukan. Enam orang dinyatakan tewas dan sembilan lainnya masih hilang, sementara 14 korban lain mengalami luka-luka.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tobasa, Herbet Pasaribu mengatakan, 20 orang penumpang bus PT Sentosa yang masuk kedalam jurang sudah berhasil dievakuasi. "enam di antaranya kami temukan meninggal dunia dan 14 orang lainnya mengalami luka-luka mulai dari kategori sedang hingga berat," katanya Senin (20/8/2018).

Namun demikian, BPBD masih mencari sembilan orang korban lainnya yang sampai saat ini masih dinyatakan hilang. "Jumlah pasti korban belum dapat kami simpulkan. Karena berdasarkan laporan dari keluarga, masih ada sembilan orang yang belum kami temukan. Proses pencarian masih berlangsung hingga saat ini," lanjutnya.

Sementara itu, Kapolres Tobasa AKBP Elvianus Laoli mengatakan, enam korban yang ditemukan tewas yakni Petrus Maruli Tua Sinurat (50), Lamria Sitompul (54), Damaris Hutapea (55),Romida Simorangkir (59), Rita Sitorus (50), dan  Menti Sitohang.

Sedangkan untuk korban luka yakni, Deliaman Sipahutar (50), Joni Ujung (45), Andrianus Sitorus (7), Tioman Sipahutar (49), Adi Saputra (15), Merlita Sari Sitorus (7), Jordan Ujung (11), Welly Sitorus (10), Ayu Siitorus (16) Jeli Susanti (), Widia Sitorus (10), Tiambun Pasaribu (47), Rianto Sitorus (45) dan terakhir Ayu Sitorus (16).

Adapun para korban, baik yang hidup dan meninggal dunia saat ini tersebar di UPT Puskesmas Pasoburan, Puskesmas Nassau, Rumah Sakit (RS) HKBP Balige, serta (RSU) Porsea. "Data tersebut sudah valid, namun jumlah penumpang yang sebenarnya belum dapat dipublikasikan, karena keluarga korban melaporkan masih ada keluarga yang hilang," katanya.

Sebelumnya, bus PT Sentosa yang terperosok kedalam jurang tersebut berupa salah satu dari empat bus yang membawa rombongan pesta dari Medan. Dalam perjalanan menuju lokasi pesta, salah satu bus mengalami rem blong hingga menabrak plang dan pohon di tepi jalan. Bus kemudian terjun ke dalam jurang sedalam 60 meter.


Editor : Himas Puspito Putra