Korupsi Dana Desa Hampir Rp400 Juta, Mantan Kades di Serdang Bedagai Segera Diadili

Abdullah Sani Hasibuan ยท Selasa, 13 September 2022 - 12:05:00 WIB
Korupsi Dana Desa Hampir Rp400 Juta, Mantan Kades di Serdang Bedagai Segera Diadili
Mantan kades di Serdang Berdagai segera diadili karena diduga korupsi dana desa hampir Rp400 juta. (Foto: Ilustrasi/Istimewa)

TEBING TINGGI, iNews.id - Giwanto alias Bibit (42), seorang mantan kades di Serdang Bedagai, segera diadili atas kasus dugaan korupsi dana desa. Dia diduga telah menyelewengkan dana desa sebanyak hampir Rp400 juta.

Polres Tebing Tinggi melimpahkan berkas mantan Kades Mainu Tengah, Kecamatan Dolok Merawan itu kepada Kejaksaan Negeri Tebing Tinggi setelah dinyatakan lengkap.
 
Penyerahan dilakukan berbarengan dengan Kasi Keuangan Desa Mainu, Kiki Susan Hadianto (46) yang juga telah ditetapkan tersangka dalam kasus ini.

Berdasarkan pemeriksaan sejumlah saksi, tim penyidik menemukan adanya sejumlah item proyek tahun anggaran 2019 yang tidak dikerjakan oleh tersangka.

Proyek itu di antaranya pengerasan jalan sepanjang 3x700 meter, pekerjaan saluran drainase sepanjang 250 meter, dan pekerjaan rabat beton sepanjang 200 meter. Selain itu, polisi juga menduga adanya praktik pembayaran fiktif menggunakan dana desa.

Perbuatan kedua tersangka mengakibatkan dana desa Rp394.170.365 tidak dapat dipertanggungjawabkan.

Editor : Rizky Agustian

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: