Diduga Korupsi Hutan Tele, Mantan Bupati dan Sekda Toba Ditahan Kejati Sumut

Wahyudi Aulia Siregar · Rabu, 03 November 2021 - 11:25:00 WIB
Diduga Korupsi Hutan Tele, Mantan Bupati dan Sekda Toba Ditahan Kejati Sumut
Mantan Bupati Toba saat berada di Kantor Kejaksaan Tinggi Sumut. (Foto: istimewa)

MEDAN, iNews.id - Mantan Bupati dan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Toba berinisial ST (75) dan PS (70), ditahan Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sumut di  Rumah Tahanan Negara (Rutan) Tanjung Gusta Medan, Selasa (2/11/2021). Kedua ditahan terkait kasus dugaan korupsi pengalihan status areal penggunaan lain (APL) Hutan Tele menjadi aset pribadi baik permukiman maupun lahan pertanian. 

Dalam kasus korupsi ini, keduanya diduga melakukan korupsi hingga menyebabkan kerugian negara sebesar Rp34,74 miliar.  Satu tersangka lain berinisial BP juga sudah ditahan dalam perkara tersebut. BP adalah mantan Kepala Desa Partungko Naginjang yang juga mantan Anggota DPRD Samosir. 

"Tersangka berinisial BP sudah ditahan lebih awal. Setelah berkas tersangka SP dan PS lengkap, selanjutnya keduanya juga diserahkan ke tim JPU," kata Kepala Seksi Penerangan Hukum Kejati Sumut, Yos A Tarigan, Rabu (3/11/2021).

Tersangka SP tidak melaksanakan tugasnya sebagai Bupati untuk melakukan pengawasan terhadap peraturan perundang-undangan tentang reforma agraria (landreform) di daerahnya masing-masing, sebagaimana diamanatkan dalam  pasal 5 Keputusan Presiden RI No. 50 Tahun 1980 tentang Organisasi dan Tata Kerja Penyelenggaraan /Landreform.

Editor : Stepanus Purba_block

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsSumut di Google News

Bagikan Artikel: