KPU Batasi Dana Maksimal Kampanye Medan Sebesar Rp36 Miliar

Stepanus Purba ยท Rabu, 28 Oktober 2020 - 23:54:00 WIB
KPU Batasi Dana Maksimal Kampanye Medan Sebesar Rp36 Miliar
Komisioner KPU Medan saat mengumumkan maksimal besaran pengeluaran dana kampanye Pilkada Medan. (Foto: istimewa)

MEDAN, iNews.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Medan membatasi dana kampanye Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Medan. Masing-masing pasangan calon maksimal mengeluarkan dana kampanye sebesar Rp36 miliar.

Komisioner KPU Medan, Zefrizal mengatakan setiap pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan maksimal mengeluarkan dana di masa kampanye sebesar Rp36,247 miliar. Dia mengatakan pasangan calon dalam mengeluarkan dana kampanye tidak bisa melebihi besaran yang sudah disepakati.

"Batasan pengeluaran ini sifatnya mengikat. Pembatasan ini diatur dalam Pasal 12 Peraturan KPU Nomor 12 tahun 2020 tentang Dana Kampanye. Angka itu juga sudah disepakati" ucap Zefrizal, Rabu (28/10/2020).

Karena bersifat mengikat, Zefrizal mengatakan ada konsekuensi terkait pasangan calon yang mengeluarkan dana di atas besaran yang sudah ditentukan.

"Jika misalnya ada paslon yang ngeyel tetap mengeluarkan dana kampanye melebih dari apa yang sudah ditetapkan maka paslon bisa didiskualifikasi," katanya.

Pembatasan pengeluaran dana kampanye ini bertujuan untuk pemerataan dan keseimbangan bagi calon yang bertanding.

"PKPU juga mengatur laporan tentang dana kampanye itu. Filosofinya kenapa dibatasi supaya ada pemerataan dan keseimbangan bagi calon yang bertanding," katanya.

Pilkada Medan 2020 diikuti dua paslon, yakni pasangan Nomor Urut 1 Akhyar Nasution- Salman Alfarisi dengan dukungan Partai Demokrat dan PKS. Kemudian pasangan Nomor Urut 2 Bobby Nasution-Aulia Rachman yang diusung PDI Perjuangan, Partai Gerindra, PAN, Golkar, NasDem, PSI, Hanura, dan PPP.


Editor : Stepanus Purba