KPU Medan: Belum ada Calon Perseorangan Serahkan Dukungan

M Andi Yusri ยท Sabtu, 22 Februari 2020 - 09:34 WIB
KPU Medan: Belum ada Calon Perseorangan Serahkan Dukungan
Ilustrasi pilkada. (Foto: Istimewa)

MEDAN, iNews.id – Pilkada Kota Medan belum menunjukkan ada calon perseorangan. Hal ini setelah Komisi Pemilihan Umum (KPU) Medan memastikan belum ada satu pun bakal pasangan calon (bapaslon) jalur independen yang datang menyerahkan syarat minimal dukungan.

KPU juga belum mendapat informasi rencana kedatangan bapaslon perseorangan. Seperti yang telah disepakati dalam rapat koordinasi dan sosialisasi, bapaslon atau tim pemenangan diminta untuk memberitahukan rencana satu hari sebelum kedatangan.

"Belum ada yang datang dan belum ada yang mengkonfirmasi rencana kedatangan," ujar Komisioner Divisi Teknis Penyelenggara KPU Kota Medan M Rinaldi Khair, Jumat (21/2/2020).

Menurutnya, syarat minimal dukungan bapaslon perseorangan mencapai 104.954 surat pernyataan.

Rinaldi mengatakan, KPU Medan melibatkan 60 mahasiswa dari Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU), Universitas Potensi Utama dan Universitas Sumatera Utara (USU) untuk membantu proses tahapan penyerahan syarat dukungan pada 19-23 Februari 2020.

"KPU Kota Medan dibantu 60 mahasiswa yang direkomendasikan kampus untuk membantu proses pemeriksaan berkas dukungani," katanya.

Selain itu, KPU Medan bekerja sama dengan UMSU, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) USU, dan Universitas Potensi Utama dalam merekrut tenaga pendukung tambahan sebagai operator dalam proses pemeriksaan berkas.

"Intinya kami ingin keterlibatan banyak pihak. Terutama mahasiswa, pelajar dan masyarakat dalam setiap tahapan Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan 2020," katanya.

KPU Kota Medan membutuhkan banyak tenaga pendukung mengingat jumlah syarat minimal dukungan calon perseorangan yang akan diperiksa cukup banyak. Yakni mencapai 104.954 formulir surat pernyataan dukungan atau form B.1-KWK Perseorangan dan tersebar minimal di 11 kecamatan.

Dari simulasi yang dilakukan, 104.954 form dukungan B.1-KWK Perseorangan bisa mencapai 10 meter lebih tingginya. Jika yang daftar lebih dari satu bapaslon, tentu akan membutuhkan banyak tenaga bantuan untuk memeriksa kelengkapannya.


Editor : Donald Karouw