Kronologi Avanza Jatuh dari Kapal Ihan Batak di Danau Toba, Ramp Door Tiba-Tiba Terputus

Wahyudi Aulia Siregar · Senin, 31 Mei 2021 - 19:20:00 WIB
Kronologi Avanza Jatuh dari Kapal Ihan Batak di Danau Toba, Ramp Door Tiba-Tiba Terputus
Mobil Toyota Avanza terjatuh ke Danau Toba saat akan turun dari Kapal KMP Ihan Batak di Pelabuhan Ambarita, Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir, Senin (31/5/2021). (Foto: Istimewa)

SAMOSIR, iNews.id - Kecelakaan mobil Toyota Avanza yang terjatuh ke Danau Toba saat akan turun dari Kapal Motor Penyeberangan (KMP) Ihan Batak di Pelabuhan Ambarita, Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir, menghebohkan warga. Insiden tersebut berawal dari terputusnya ramp door kapal.

Mobil nahas bernomor polisi BK 1421 QP tersebut membawa empat penumpang. Tiga penumpang minibus berwarna hitam itu berhasil diselamatkan setelah terjatuh ke Danau Toba, Senin sore sekitar pukul 15.00 WIB. Sementara satu korban tewas, Desy Marizdayani (32), yang tercatat sebagai warga Kota Tebingtinggi.  

Hingga kini, belum ada keterangan resmi dari pihak Kepolisian terkait penyebab insiden tersebut. Namun, sejumlah personel polisi sudah berada di lokasi untuk memulai penyelidikan. 

Informasi yang dihimpun, kronologi kejadian nahas itu berawal saat KMP Ihan Batak yang membawa mobil nahas itu berangkat dari Pelabuhan Ajibata, Kecamatan Ajibata, Kabupaten Toba, menuju Pelabuhan Ambarita, sekitar pukul 14.00 WIB tadi. 

Setibanya di Pelabuhan Ambarita, saat mobil nahas itu akan keluar dari kapal, jembatan penghubung atau ramp door KMP Ihan Batak terputus. Ramp door adalah konstruksi pintu pada kapal yang berfungsi sebagai jembatan penghubung antara kapal dengan dermaga sehingga bisa digunakan untuk akses keluar masuknya kendaraan ataupun muatan yang akan diangkut oleh kapal.

Akibat terputusnya ramp door, mobil Avanza tersebut pun langsung terjatuh ke danau. Peristiwa itu terjadi saat hujan deras.

"Saat kejadian memang lagi hujan deras. Tiba-tiba ramp door-nya putus sewaktu mobilnya mau turun. Jadi langsung kecebur," kata warga Ambarita, Leo Girsang, saat dihubungi dari Medan, Senin (31/5/2021).

Editor : Maria Christina

Halaman : 1 2