Laboratorium RS USU Periksa 541 Sampel Swab, Hasilnya 50 Orang Positif Covid-19

Antara ยท Jumat, 08 Mei 2020 - 10:18 WIB
Laboratorium RS USU Periksa 541 Sampel Swab, Hasilnya 50 Orang Positif Covid-19
RS USU sudah bisa melakukan pemeriksaan swab Covid-19. (Foto: ANTARA/ Septianda Perdana)

MEDAN, iNews.id - Rumah Sakit Universitas Sumatera Utara (USU) telah memeriksa 541 sampel atau spesimen pasien. Hasilnya, 50 orang di antaranya ditemukan positif Covid-19.

"Dalam keadaan normal, RS USU bisa memeriksa hingga 96 sampel per hari," ujar Ketua Tim Laboratorium Pemeriksa Covid-19 RS USU Dewi Indah Sari Siregar di Medan, Kamis (7/5/2020).

Menurutnya, sebagai Laboratorium Polymerase Chain Reaction (PCR) Covid-19 pertama di Sumatera Utara (Sumut), RS USU memiliki tanggung jawab dan komitmen untuk membantu pemerintah dalam upaya percepatan penanganan pandemi corona. RS USU juga mempunyai alat ekstraksi yang sifatnya otomatis.

"Jadi itu sangat membantu RS USU dalam pemeriksaan. Bahan-bahannya (reagensia) sebagian dibeli RS USU dan beberapa lainnya dibantu Menristek Dikti serta Litbang Kemenkes RI dan BNPB,” katanya, didampingi Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Sumut Whiko Irwan.

Dia menjelaskan, fase pemeriksaan pertama yakni pengambilan sampel dengan swab yang kemudian dimasukkan ke virus transport media (VTM). Selanjutnya dilakukan ekstraksi virus dan terakhir PCR.

"Metode pemeriksaan semuanya hampir sama dengan yang digunakan di seluruh Indonesia dengan tetap berkoordinasi dengan Puslitbangkes Kemenkes. Baik dari segi hasil, kualitas pengendalian dan pemantapan kualitas eksternal," katanya.

Menurut dia, RS USU juga melayani pemeriksaan pasien umum atau warga yang mencurigai dirinya terkena Covid-19. Untuk biaya pemeriksaan, sekitar Rp1 juta -Rp2 juta per satu spesimen.

“Untuk pasien rujukan Covid-19, RS USU tidak membebani biaya karena ditanggung USU, Mendikbud dan bantuan pusat serta Pemprov Sumut," ujarnya.


Editor : Donald Karouw