Laporan Pungli di Pemkot Medan Terbanyak Masuk lewat SMS dan Media Sosial

Antara · Jumat, 22 April 2022 - 14:22:00 WIB
Laporan Pungli di Pemkot Medan Terbanyak Masuk lewat SMS dan Media Sosial
ilustrasi pungli. (Foto: Ilustrasi/Ist)

MEDAN, iNews.id - Laporan prilaku pungutan liar (pungli) dari masyarakat di Kota Medan, Sumatra Utara (Sumut) terbanyak masuk lewat pesan singkat (SMS) dan media sosial. Hal ini berdasarkan data yang masuk.

"Laporan pungli terbanyak yang kita terima masuk dari masyarakat melalui SMS dan media sosial," kata Asisten Administrasi Umum Setda Kota Medan, Renward Parapat, Kamis (21/4/2022).

Hal ini diungkapkannya mewakili Wali Kota Medan Bobby Nasution usai menerima tim monitoring dan evaluasi Pokja Pencegahan Satgas Saber Pungli di Balai Kota Medan.

Menurutnya harus ada penguatan teknologi informasi dan komunikasi (ICT) untuk menampung lebih banyak lagi laporan dari masyarakat untuk kemudian segera ditindaklanjuti.

Sebab pemberantasan segala bentuk korupsi, kolusi dan nepotisme hingga kini masih terus diupayakan oleh Pemkot Medan, dan pelaku pungli mulai individu, organisasi masyarakat dan kalangan pemerintah.

"Selain itu, kita juga harus memperbanyak CCTV yang bisa memantau transaksi mencurigakan di kantor-kantor instansi di bawah Pemerintah Kota Medan," kata Renward.

Sebagai pemimpin di Kota Medan, ia mencontohkan, Wali Kota Medan beberapa kali melakukan inspeksi mendadak ke lapangan, dan menemukan fakta masih banyak pejabat menyalahgunakan wewenang.

"Agar kasus ini tidak terulang, hukuman penonaktifan bahkan pemberhentian secara langsung dilakukan sebagai bentuk terapi kejut bagi oknum yang ingin coba-coba melakukan pungli," katanya.

"Jangan ada lagi uang terima kasih dan lain-lain dalam memberikan pelayanan. Kami ingin setiap ASN Pemkot Medan bekerja dari hati, bukan karena ada pamrih," ucap Renward.

Editor : Nani Suherni

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: