Libur Natal dan Tahun Baru, 645 Personel Gabungan Amankan Bandara Kualanamu

Stepanus Purba ยท Jumat, 20 Desember 2019 - 16:46 WIB
Libur Natal dan Tahun Baru, 645 Personel Gabungan Amankan Bandara Kualanamu
Suasana Bandara Kualanamu Deliserdang Sumut menjelang Natal dan tahun baru 2020 (Stepanus Purba/iNews)

MEDAN, iNews.id - Menjelang libur Natal dan tahun baru 2020, 645 personel gabungan diterjunkan untuk amankan Bandara Internasional Kualanamu, Deliserdang, Sumatera Utara. Tak hanya dijaga ratusan personel, pihak bandara juga mendirikan pos komando (posko) Terpadu.

Executive General Manager PT Angkasa Pura II, KC Bandara Internasional Kualanamu, Bayuh Iswantoro mengatakan, ratusan personel terdiri dari AVSEC, BKO TNI dan Polri, penjinak bom (Jibom), Satpol-PP serta stake holder lainnya.

"Personel keamanan itu akan bersiaga untuk pengamanan dan keselamatan penerbangan. Selain itu memastikan seluruh infrastruktur serta fasilitas pendukung lainya dalam kondisi prima," ujar Bayuh kepada wartawan, Jumat (20/12/2019).

Selain personel keamanan, Bayuh juga menuturkan bahwa pihaknya juga telah mendirikan posko terpadu Natal dan tahun baru. Posko ini akan beroperasi dari 19 Desember 2019 hingga 6 Januari 2020. Adapun lokasi dari posko terpadu bertempat di selasar terminal kedatangan.

"Posko tersebut dilengkapi dengan monitor dan komputer yang terhubung langsung dengan pusat informasi seperti jadwal penerbangan, kondisi cuaca, CCTV dan informasi pendukung lainnya. Selain itu terdapat juga petugas dan fasilitas kesehatan dari Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP)," tuturnya.

Saat disinggung kapan lonjakan penumpang, Bayuh menuturkan, lonjakan penumpang diprediksi akan terjadi pada H-4 yaitu pada 21 Desember 2019 dan H+4 pada 5 Januari 2020.

"Dalam periode Peak Season seperti ini pengguna jasa disuguhkan dengan suasana yang sedikit berbeda dari sebelumnya yaitu dekorasi yang kental dengan suasana Natal dan tahun baru di area terminal Bandara. Sementara di hari-hari tertentu calon penumpang akan disuguhkan hiburan seperti live music, Santa Clause, modern dance," jelasnya.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto