Panglima TNI dan Kapolri Pimpin Apel Pengamanan Natal dan Tahun Baru di Medan

Stepanus Purba ยท Kamis, 19 Desember 2019 - 11:52 WIB
Panglima TNI dan Kapolri Pimpin Apel Pengamanan Natal dan Tahun Baru di Medan
Pelaksanaan Apel Gabungan TNI Polri yang dipimpin langsung oleh Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Idham Aziz di Lapangan Benteng Medan, Kamis (19/12/2019). (Foto : iNews/Stepanus Purba)

MEDAN, iNews.id - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Idham Aziz memimpin langsung apel gabungan pengamanan perayaan Natal dan tahun baru (Nataru) 2020. Apel gabungan yang diikuti personel TNI dan Polri ini digelar di Lapangan Benteng, Medan, Sumatera Utara, Kamis (19/12/2019).

Kapolri Idham Aziz mengatakan, pengamanan Nataru ini akan dikemas menjadi Operasi Lilin Toba. Operasi ini akan digelar mulai 23 Desember 2019 hingga 2 Januari 2020. Dalam gelar operasi lilin ini, akan diterjunkan 120.000 personel gabungan TNI/Polri serta dibantu pemerintah setempat dan organisasi kemasyarakatan.

"Mari kita kerjasama, karena pengamanan Natal dan tahun baru bukan hanya domain TNI dan Polri. Tapi juga ada peran aktif masyarakat untuk bersama menjaga situasi yang kondusif," kata Idham.

Mantan Kepala Badan Reserse Kriminal Polri ini menambahkan, pihaknya juga sudah memetakan sejumlah daerah yang dinilai rawan.

"Ada 19 daerah yang sudah kita mapping di mana saja tingkat kerawanannya. Jadi, memohon bantuan dari seluruh awak media untuk dapat menjadi pemberi informasi kepada masyarakat agar pelaksanaan pengamanan perayaan Natal dan tahun baru dapat berjalan lancar," ucap Idham.

Sementara itu, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengatakan, apel pengamanan Nataru ini dipusatkan di kota Medan. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang dipusatkan di Monas, Jakarta.

"Tidak ada tujuan tertentu. Yang ada kita bersilaturahmi dan menyapa wilayah Sumut terkait dengan pengamanan Natal dan tahun baru 2020," terang Hadi.

Hadi berharap seluruh komponen masyarakat dan pemerintah daerah ikut berperan aktif dalam pengamanan Natal dan tahun baru. Hal ini tentunya agar perayaan Natal dan tahun baru berjalan dengan lancar dan berlangsung dengan damai seperti harapan kita semua," ucapnya.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto