Malam Ini KPU Sumut Tetapkan Edy-Ijeck Sebagai Gubernur

Stepanus Purba ยท Selasa, 24 Juli 2018 - 15:00 WIB
Malam Ini KPU Sumut Tetapkan Edy-Ijeck Sebagai Gubernur
Kedua pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah dan Djarot Saiful Hidayat-Sihar Sitorus, dalam suatu kesempatan. (Foto: Dok. iNews)

MEDAN, iNews.di - Pascapenerbitan daftar sengketa hasil pemilihan kepala daerah oleh mahkamah konstitusi, dapat dipastikan hasil pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara (Sumut) tidak disengketakan. Oleh karena itu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumut akan menetapkan pasangan Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut terpilih periode 2018-2023.

"Malam ini sekitar jam 19.00 WIB, (Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah) akan kami tetapkan sebagai gubernur dan wakil gubernur terpilih di Hotel Grand Mercure, Medan," ujar salah satu komisioner KPU Sumut, Iskandar Zulkarnaen, Selasa (24/7/2018).

Iskandar menyebutkan, KPU Sumut sudah memberikan undangan penetapan ini kepada Edy Rahmayadi-Musa Rajeckshah. "Selain itu, kami juga mengundang pasangan calon yang kalah, Bapak Djarot dan Sihar Sitorus ke acara penetapan ini," katanya. 

"Selain kedua pasangan calon, kami juga mengundang para partai politik pengusung serta unsur forkompida," lanjut Iskandar.

Keputusan KPU Sumut yang menetapkan Edy - Musa sebagai pemenang pilgub merupakan tindak lanjut surat Mahkamah Konstitusi (MK) Nomor 739/DY.03-SD/03/KPU/VII/2018 tertanggal 23 Juli 2018. Surat MK yang bersifat sangat segera itu berisi tentang penetapan pasangan calon terpilih tanpa permohonan perselisihan hasil pemilihan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati dan wali kota dan wakil wali kota.

Dalam poin 2 surat itu MK menyatakan, Hasil Pilgub Sumut tidak tercatat dalam Buku Registrasi Perkara Konstitusi. Karenanya, KPU Sumut dipersilakan melanjutkan proses pemilihan dengan tahapan selanjutnya. Dengan demikian, sesuai dengan tahapan, KPU harus menetapkan pemenang Pilgub Sumut 2018 hari ini.


Editor : Himas Puspito Putra