Mendagri Lantik 5 Penjabat Kepala Daerah dan 1 Wabup di Papua, Ini Arahannya

Raka Dwi Novianto ยท Jumat, 27 Mei 2022 - 19:24:00 WIB
Mendagri Lantik 5 Penjabat Kepala Daerah dan 1 Wabup di Papua, Ini Arahannya
Mendagri Tito Karnavian saat melantik 5 pj kepala daerah dan 1 wakil bupati di Papua. (Foto: Kemendagri)

JAKARTA, iNews.id - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian melantik lima penjabat (Pj) kepala daerah dan satu wakil bupati di Papua. Mereka terdiri atas empat bupati, satu wali kota dan seorang wakil bupati.

Pelantikan dilaksanakan secara hybrid di Gedung Sasana Bhakti Praja, Kantor Pusat Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Jakarta, Jumat (27/5/2022). Kegiatan ini sejalan dengan amanat Undang-Undang (UU) Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pilkada.

Dalam arahannya, Mendagri mengamanatkan kepada para penjabat kepala daerah untuk menjaga situasi keamanan dan ketertiban di wilayahnya masing-masing.

“Saya berpesan yang pertama, tolong dijaga betul situasi keamanan ketertiban di Papua. Sebab situasi keamanan yang stabil akan memberi ruang terjadinya pembangunan dalam rangka untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat masing-masing,” ujar Tito, Jumat (27/5/2022).

Dia meminta para perangkat daerah, khususnya yang baru dilantik menelaah betul persoalan yang ada di daerah masing-masing. Selain itu, Tito juga mendorong agar program-program yang telah ada dijalankan sesuai dengan karakteristik wilayah.

Mendagri berpesan agar pemerintah daerah di Papua bisa membangun hubungan baik dengan pemerintah pusat, provinsi dan daerah tetangga.

“Termasuk juga bangun hubungan baik dengan para staf yang ada. Tentunya dengan jajaran Forkopimda, tokoh-tokoh masyarakat, gereja, adat, tokoh perempuan dan lain-lain perlu dirangkul. Ini ujian kemampuan manajerial dan leadership Bapak-Bapak sekalian,” ujar mantan Kapolri tersebut.

Editor : Donald Karouw

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: