Menko Airlangga Hartarto: Jangan Kasih Kendor, Kasus Positif Bisa Meledak Lagi!

Riezky Maulana ยท Kamis, 09 September 2021 - 11:45:00 WIB
Menko Airlangga Hartarto: Jangan Kasih Kendor, Kasus Positif Bisa Meledak Lagi!
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (tengah). (Foto: Ist)

Namun Airlangga menuturkan kuncinya masih pada tingkat kematian aktif di Indonesia, karena masih di atas global. Di wilayah Sumatera kasus kematian 3,34 persen dan ini sedikit di atas tingkat kematian nasional, 3,32 persen. 

Airlangga juga menyatakan upaya pemerintah yang secara konsisten membahas masalah Covid-19 ini. Bahkan, rapat dengan Presiden Joko Widodo selalu dilakukan minimal dua kali dalam seminggu. Selain itu juga ada rapat dengan pemerintah daerah. 

"Jadi dalam satu minggu kita rapat tentang Covid-19 ini tiga hari," kata Airlangga. 

Lewat berbagai rapat ini, Airlangga menyatakan pemerintah pusat pun memiliki data yang detail tentang kasus Covid-19 secara nasional. Namun data itu juga tergantung input dari daerah. 

"Input salah, ya akhirnya salah. Kita bisa cek tingkat positif ini dengan bed occupancy ratio,” ucap Ketua Umum Partai Golkar ini.  

Misalnya tingkat kasus aktif di Sumut saat ini 15.685. Pemda dan kabupaten/kota diminta untuk menghitung kasus dalam 21 hari terakhir.

"Kalau dalam 21 hari angkanya masih bertahan, maka disimpulkan ada sesuatu yang salah. Karena dalam 21 hari itu harus diketahui apakah pasien sembuh atau meninggal. Dua-duanya dari data ini, pusat tidak dapat," ujarnya. 

Editor : Reza Yunanto

Bagikan Artikel: