Miliki Belasan Burung Langka, Pegawai PDAM Tirtanadi Diamankan Polisi

Stepanus Purba ยท Selasa, 26 Februari 2019 - 14:27:00 WIB
Miliki Belasan Burung Langka, Pegawai PDAM Tirtanadi Diamankan Polisi
Burung-burung masuk kategori satwa dilindungi yang berhasil diamankan oleh petugas Ditreskrimsus Polda Sumut dari rumah tersangka oknum karyawan PDAM Tirtanadi. (Foto: iNews.id/Stepanus Purba)

MEDAN, iNews.id – Seorang oknum pegawai Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtanadi, Robby (37), diamankan oleh petugas Polda Sumatera Utara (Sumut) karena diketahui memiliki 16 ekor burung langka yang dilindungi di Indonesia tanpa izin.

Warga Jalan KL Yos Sudarso itu ditangkap petugas Direktorat Reserse Krimal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Sumut bersama seorang rekannya Adi Aulia (28), warga Medan Barat, pada Rabu (20/2/2019) lalu. Dalam pengungkapan ini, petugas setidaknya berhasil mengamankan lima ekor burung kakatua raja, lima ekor burung kesturi raja, tiga ekor burung kasuari klambir ganda, tiga ekor burung rangkok papan, kakatua maluku dan kakatua jambul kuning.

”Ada 16 ekor burung yang masuk katagori dilindungi di Indonesia berhasil disita petugas dari kedua tersangka,” kata Direktur Krimsus Polda Sumut, Kombes Rony Samtana dalam keterangan persnya di Mapolda Sumut, Selasa (26/2/2019).

Rony mengatakan, dalam pemeriksaan terhadap kedua tersangka, kedua tersangka tidak dapat menunjukkan izin kepemilikan terhadap hewan langka tersebut. “Semua kami amankan dari rumah pelaku yang tidak memiliki izin untuk memelihara satwa langka tersebut,” ujar Rony.

Petugas selanjutnya akan menyerahkan ke-16 burung langka itu kepada Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumut. Burung-burung itu rencananya dilepasliarkan di Taman Wisata Sibolangit.


Editor : Maria Christina