MK Gugurkan Gugatan Akhyar-Salman, KPU Tetapkan Bobby-Aulia Pemenang Pilkada Medan

Stepanus Purba · Senin, 15 Februari 2021 - 15:33:00 WIB
MK Gugurkan Gugatan Akhyar-Salman, KPU Tetapkan Bobby-Aulia Pemenang Pilkada Medan
Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Manado Bobby Nasution-Aulia Rachman. (Foto: iNews/Eka Hetriansyah)

MEDAN, iNews.id - Mahkamah Konstitusi (MK) menggugurkan gugatan sengketa hasil Pilkada Medan yang digugat pasangan Akhyar-Salman, Senin (15/2/2021). Dengan begitu, Bobby Nasution-Aulia Rachman akan ditetapkan KPU Medan sebagai wali kota dan wakil wali kota terpilih di Pilkada Medan 2020

Koordinator Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Medan, Zefrizal mengatakan sesuai dengan Peraturan KPU (PKPU) Nomor 5 Tahun 2020 tentang Tahapan dan Jadwal Pemilihan serta Surat Dinas KPU Nomor 133 Tahun 2021, pihaknya diberikan tenggat waktu untuk menetapkan pasangan terpilih lima hari pascaputusan MK.

"Untuk kepastian penetapan calon terpilih di tanggal berapa, akan kami bicarakan di pleno internal KPU Medan," ucap Zefrizal, Senin (15/2/2021). 

Zefrizal meyakini permohonan pembatalan yang diajukan Akhyar-Salman berdasarkan fakta persidangan MK. Dia juga mengatkan KPU Medan sebelumnya sudah menyampaikan jawasan kepada hakim terkait gugatan yang disampaikan pasangan Akhyar-Salman. 

Dia mengajak seluruh warga Kota Medan untuk menghargai putusan MK terkait sengketa Pilkada Medan. 

"Kami bersyukur perkara tersebut telah selesai. Sekaligus kami minta kepada seluruh pihak khususnya warga Kota Medan untuk menerima putusan MK," ujarnya.

Editor : Stepanus Purba