MUI Kota Medan Imbau Umat Muslim Salat Idul Adha dengan Protokol Kesehatan

Ahmad Ridwan Nasution ยท Kamis, 30 Juli 2020 - 10:22 WIB
MUI Kota Medan Imbau Umat Muslim Salat Idul Adha dengan Protokol Kesehatan
Ketua MUI Kota Medan Muhammad Hatta. (iNews/Ahmad Ridwan Nasution)

MEDAN, iNews.id - Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Medan memperbolehkan umat muslim untuk melaksanakan salat Idul Adha secara berjamaah. Namun, pelaksanaan salat harus mematuhi protokol kesehatan dan menerapkan physical distancing untuk mencegah penyebaran Covid-19.

MUI juga mengimbau kepada Badan Kenaziran Masjid (BKM) untuk menyediakan tempat mencuci tangan bagi jemaah di lokasi-lokasi digelarnya salat berjemaah. Tak hanya itu, jemaah juga diimbau untuk menggunakan masker serta menjaga jarak saat menjalankan salat Idul Adha jatuh pada Jumat (31/7/2020).

"Kita mengimbau kepada seluruh umat muslim di seluruh Kota Medan untuk bisa menjalankan ibadah ini sebaik-baiknya. Karena sebagaimana perintah Allah, salat adalah sebuah kewajiban. Namun tetap menerapkan protokol kesehatan," ucapnya.

Sebelumya, pemerintah melalui Satuan Tugas (Satgas) penanganan Covid-19 Sumatera Utara (Sumut) juga menerbitkan Surat Edaran Nomor 15 Tahun 2020 tentang Panduan Penyelenggaraan Kegiatan Keagamaan di Rumah Ibadah dalam Mewujudkan Masyarakat Produktif dan Aman Covid-19 di Masa Pandemi. Dengan terbitnya surat edaran ini, maka pelaksanaan kegiatan keagamaan harus mematuhi protokol kesehatan.


Editor : Stepanus Purba