Orang Tua Anggota DPRD Tapanuli Tengah Jadi Korban Tewas Banjir Bandang

Stepanus Purba ยท Rabu, 29 Januari 2020 - 13:24 WIB
Orang Tua Anggota DPRD Tapanuli Tengah Jadi Korban Tewas Banjir Bandang
Korban banjir bandang di Tapanuli Tengah, pasangan suami istri asal Desa Padang Masiang, Kecamatan Barus, Rabu (29/1/2020). (Foto: iNews/Raymond)

MEDAN, iNews.idBanjir bandang di Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara (Sumut) menewaskan enam orang dan tiga lainnya dilaporkan hilang, Rabu (29/1/2020). Dari seluruh korban jiwa, baru tiga yang berhasil teridentifikasi.

Koordinator SAR Pos Sibolga Hari Susanto mengatakan, korban yang telah diketahui identitasnya yakni Aswir Tanjung dan istrinya. Keduanya merupakan orang tua dari Anggota DPRD Tapteng Adhitia Melfan Tanjung.

Mobil yang ditumpangi mereka terseret arus banjir bandang saat melintas di wilayah Kecamatan Barus, Selasa (28/1/2020) pukul 22.00 WIB. Warga yang melakukan pencarian akhirnya menemukan mobil korban.

“Kedua korban ditemukan meninggal dunia setelah mobil mereka terseret arus deras,” ujar Hari, Rabu (29/1/2020).

Satu korban lainnya yang telah teridentifikasi tim SAR yakni Bismar Marpaung (50), warga Desa Sijungkang, kecamatan Andam Dewi, Tapteng.

"Korban ditemukan tertimbun lumpur dan telah dievakuasi," katanya.

Sementara untuk tiga korban lainnya masih dalam proses identifikasi. Begitupun dengan tiga warga yang hilang terus dilakukan pencarian.

Atas bencana ini, Pemkab Tapteng telah menetapkan status tanggap darurat selama tujuh hari ke depan. Penetapan status ini agar fokus terhadap penanganan pengungsi dan pencarian korban.

Saat ini di lokasi bencana telah berdiri posko pengungsian dan dapur umum. Bupati juga sudah memerintah seluruh OPD untuk proaktif dalam membantu proses penanganan dan korban banjir bandang.


Editor : Donald Karouw