OTT Plt Kadis Perkim Labuhanbatu, Polda Sumut Sita Cek Senilai Rp1,4 Miliar

Sindonews, M Andi Yusri, Sartana Nasution ยท Senin, 02 Maret 2020 - 23:00 WIB
OTT Plt Kadis Perkim Labuhanbatu, Polda Sumut Sita Cek Senilai Rp1,4 Miliar
Petugas Ditreskrimsus Polda Sumut melakukan OTT terhadap Plt Kadis Perkim Kabupaten Labuhanbatu FP bersama dua rekanan, Senin (2/3/2020). (Foto: istimewa)

LABUHANBATU, iNews.id – Petugas Diterskrimsus Polda Sumut mengamankan cek senilai Rp1,4 miliar dan uang tunai sebesar Rp40 juta dari operasi tangkap tangan (OTT) Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman (Perkim) Labuhanbatu berinisial FP, Senin (2/3/2020).

Kepala Bidang (Kabid) Humas Polda Sumut, Kombes Pol Tatan Dirsan Atmaja mengatakan, Ditreskrimsus telah mengamankan sejumlah orang hasil OTT di Kabupaten Labuhanbatu. Adapun yang diamankan petugas Ditreskrimsus Polda Sumut, yakni FP, ZH dan KA (FP yang memerintahkan ZH dan KA untuk mengambil uang)

"Mereka terjaring dugaan Tindak Pidana Korupsi terkait Pungli untuk mempercepat proses Pembayaran 100% atas Proyek Pengadaan pekerjaan pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah Labuhan Batu TA 2019," katanya.

Dari hasil OTT itu, petugas telah menyita uang tunai Rp40 juta yang dimasukkan dalam amplop coklat yang bertuliskan Ilham Nst, PT Telaga Pasir Kuta, cek yang bertuliskan Rp1.445.000.000.

FP ditangkap bersama dua rekanannya di Cafe Millenial di SM Raja Rantauprapat, Labuhanbatu.

Selain itu, turut diamankan PNS Staf di Bagian Umum Dinas Perkim Labuhanbatu selaku penerima uang, dan KA, pegawai honor di Dinas Perkim Kab Labuhanbatu, yang merupakan sopir.

Usai terjaring OTT, Plt Kadis Perkim Labuhanbatu FP dan kedua rekanannya, ZH dan KA diboyong ke kantornya di Jalan WR Suprataman, dan Kantor Dinas Kesehatan dan RSUD Rantau Prapat. Pasalnya, FP sebelumnya menjabat Sekretaris Dinas Kesehatan.


Editor : Kastolani Marzuki