Pasien Covid-19 Terus Bertambah, Pemkab Madina Sulap Rumah Adat jadi Ruang Isolasi

Ahmad Husein Lubis ยท Jumat, 18 September 2020 - 21:30 WIB
Pasien Covid-19 Terus Bertambah, Pemkab Madina Sulap Rumah Adat jadi Ruang Isolasi
Rumah adat Mandailing di Bagas Godang yang disulap Pemkab Madina menjadi lokasi perawatan pasien Covid-19. (Foto: iNews/Ahmad Husein Lubis)

MADINA, iNews.id - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mandailing Natal (Madina) menyulap rumah adat Mandailing yang berada di lokasi wisata Bagas Godang menjadi ruang isolasi pasien Covid-19. Langkah ini dilakukan karena jumlah pasien Covid-19 terus bertambah.

Ketua Satgas Isolasi Bagas Godang, Faisal mengatakan pemilihan rumah adat Mandailing menjadi lokasi isolasi dan perawatan pasien Covid-19 karena jauh dari pemukiman penduduk. Sejauh ini, pihaknya masih terus melakukan persiapan seperti menyediakan tempat tidur serta melengkapi fasilitas medis.

"Lokasi ini kami siapkan untuk menampung 29 orang penderita Covid-19 yang ada di Mandailing Natal," ucap Faisal, Jumat (18/9/2020).

Selain melengkapi fasilitas bagi para penderita Covid-19, suasana lokasi Bagas Godang yang dekat dengan alam dan jauh dari kebisingan diharapkan dapat membuat proses pemulihan para penderita Covid-19 menjadi lebih cepat.

"Kami juga menyiapkan sebanyak 16 orang dokter di lokasi ini yang terdiri atas dokter penyakit dalam, dokter paru dan dokter patologi," ucapnya.

Selain mengubah rumah adat menjadi ruang isolasi pasien Covid-19, Pemkab Madina juga menyiapakn ruang isolasi lain seperti menyewa sejumlah hotel sebagai lokasi isolasi untuk penderita Covid-19 maupun kontak eratnya.


Editor : Stepanus Purba