Ingatkan Protokol Kesehatan, Komunitas Mural Medan Lukis Dinding di Jalan Kereta Api

Ahmad Ridwan Nasution ยท Jumat, 18 September 2020 - 19:23:00 WIB
Ingatkan Protokol Kesehatan, Komunitas Mural Medan Lukis Dinding di Jalan Kereta Api
Sejumlah pemuda yang tergabung dalam komunitas mural Kota Medan menghias dinding di Jalan Kereta Api dengan tema Covid-19, Jumat (18/9/2020). (Foto: iNews/Ahmad Ridwan Nasution).

MEDAN, iNews.id- Sejumlah pemuda yang tergabung dalam komunitas mural Kota Medan menggelar aksi unik untuk mengingatkan warga pentingnya menerapkan protokol kesehatan saat beraktivitas. Salah satu cara yang ditempuh oleh komunitas ini dengan menggambar dinding di Jalan Kereta Api Medan bertema Covid-19.

Alhasil, dinding yang sebelum berwarna polos diubah oleh para pemuda ini menjadi sketsa yang mengingatkan setiap warga yang melintas akan pentingnya penerapan protkol kesehatan. Sejumlah gambar yang mengilustrasikan virus corona dilukis oleh pemural di dinding tersebut.

Salah satu pemural, Fenderiko Purba mengatakan aksi membuat mural di Jalan Kereta Api ini merupakan bentuk kampanye pentingnya protokol kesehatan. Mereka berharap, dengan lukisan mural ini pesan-pesan untuk lebih menjaga kesehatan diri dan orang lain bisa sampai kepada para pengguna jalan.

"Tujuan kami untuk menyadarkan publik agar lebih menerapkan protokol kesehatan saat menjalankan aktivitas sehari-hari khususnya ketika di luar ruangan," ucapnya.

Selain mengimbau tentang pentingnya menjalankan protokol kesehatan, sejumlah gambar mural juga mengingatkan warga untuk mematuhi peraturan lalu lintas saat berkendara.

"Selain menerapkan protokol kesehatan, kami juga berpesan kepada para pengendara jalan akan pentingnya mematuhi peraturan lalu lintas untuk keselamatan saat berkendara," ucapnya.

Sementara itu, gambar mural ini mendapatkan sambutan yang baik dari warga Kota Medan. Keberadaan mural ini dinilai dapat menjadi pesan kepada seluruh pengendara yang melintas akan pentingnya protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19.

"Saya rasa ini bagus. Karena mengingatkan setiap orang untuk menerapkan protokol kesehatan seperti menggunakan masker. Ini sangat penting agar penyebaran virus corona tidak semakin banyak," ucap Iqbal Hamdani salah seorang pengguna jalan.


Editor : Stepanus Purba