Pedagang Medan Dukung Ranperda Zonasi PKL

Antara ยท Sabtu, 18 September 2021 - 21:17:00 WIB
Pedagang Medan Dukung Ranperda Zonasi PKL
Wali Kota Medan Bobby Nasution. (ANTARA/HO)

MEDAN, iNews.id - Rencana Pemerintah Kota (Pemko) Medan mengeluarkan Peraturan Daerah (Perda) Penetapan Zonasi dan Aktivitas Pedagang Kaki Lima (PKL), Langkah tersebut akan memberikan jaminan kepastian dan perlindungan hukumya. 
 
Pelindung Persaudaraan Pedagang Pasar Bersatu (P4B) Kota Medan mendukung keberadaan Ranperda Penetapan Zonasi dan Aktivitas Pedangang Kaki Lima (PKL) yang akan ditetapkan menjadi perda.

"Saya bersyukur, sekarang ini PKL ada jaminan kepastian dan perlindungan hukumnya. Jadi nanti PKL resmi dan berdagang dengan aman dan nyaman di zonasinya," ujar Ketua Pelindung Persaudaraan Pedagang Pasar Bersatu (P4B) Kota Medan, Siswarno di Medan, Jumat (17/9/2021).

Pihaknya menilai langkah yang dilakukan Wali Kota Medan Bobby Nasution sudah sangat bagus sebagai bentuk kepedulian dan pro rakyat kecil. Peraturan Wali Kota Medan terkait zonasi aktivitas PKL nantinya, diyakini pedangang kaki lima di daerah ini menjadi lebih sejahtera.

"Alhamdulillah, kita mendukung zonasi PKL ini untuk menyejahterakan pedagang. Kami pedagang pasar tradisional meminta kepada pak wali agar diperhatikan juga," kata Siswarno.

Wali Kota Medan Bobby Nasution baru-baru ini mengatakan, penetapan zonasi PKL sangat penting sebagai bagian penataan ruang kota yang menjamin terwujudnya ketertiban, kenyamanan dan keindahan kota.

"Ranperda Penetapan Zonasi dan Aktivitas PKL mengatur hak PKL dalam Bab VI Pasal 13, yakni mendapatkan pelayanan penertiban tanda pengenal, penataan dan pembinaan, mendapatkan perlindungan serta difasilitasi untuk mendapatkan penyediaan dan pemanfaatan prasarana dan sarana kegiatan sektor informal," ucapnya. 

Editor : Stepanus Purba

Bagikan Artikel: