Pelaku Usaha Wisata di Danau Toba Gencarkan 3M

Henri Sianturi ยท Senin, 26 Oktober 2020 - 00:35:00 WIB
Pelaku Usaha Wisata di Danau Toba Gencarkan 3M
Destinasi Wisata Super Prioritas, Danau Toba (Foto : Istimewa)

SAMOSIR, iNews.id - Kalangan pelaku usaha pariwisata di Danau Toba, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara (Sumut), menyepakati meningkatkan protokol kesehatan dalam mengantisipasi penyebaran Covid-19 di masa liburan panjang. Kesepakatan ini dilakukan, setelah Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Samosir mencabut surat edaran mewajibkan wisatawan mengikuti rapid test.

"Pelaku usaha wisata ikut mengingatkan wisatawan supaya menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak (3M) dan tidak melakukan kerumunan," ujar Juru bicara pelaku usaha pariwisata Samosir, Ombang Siboro, Minggu (25/10/2020).

Menurut Ombang Siboro, dengan adanya pencabutan surat edaran dan keterlibatan pelaku usaha wisata dalam menggencarkan sosialisasi protokol kesehatan, akan tetap menghidupkan roda perekonomian.

"Selain mengutamakan dan memprioritaskan keselamatan serta kesehatan masyarakat dan wisatawan di tengah pandemi Covid-19 ini, roda perekonomian juga tetap bergerak di lokasi wisata di Samosir ini," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Sumut, Alwi Mujahit Hasibuan mengatakan, Pemprov Sumut masih terus melakukan koordinasi dengan TNI, Polri, Satuan Polisi Pamong Praja, dalam meningkatkan protokol kesehatan di tengah masyarakat saat liburan panjang nanti.

"Satuan tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 sudah disiapkan untuk menerapkan disiplin masyarakat, termasuk di daerah pariwisata yang ramai dikunjungi masyarakat. Razia protokol kesehatan semakin digencarkan," ujar Alwi Mujahit.

Alwi menyarankan, untuk menekan penambahan kasus Covid-19, masyarakat supaya mengurungkan niat bersama keluarga untuk pergi ke lokasi wisata atau mudik ke kampung halaman. Pasalnya, masa liburan panjang akhir bulan ini berpotensi menambah jumlah kasus baru.

"Belajar dari liburan saat perayaan Idulfitri dan Iduladha, jumlah kasus positif Covid-19 meningkat drastis. Ini perlu diwaspadai masyarakat saat memanfaatkan liburan panjang di akhir bulan. Lebih baik bertahan di rumah saja," katanya.

Jika tetap melakukan perjalanan, Alwi mengingatkan masyarakat mengikuti aturan protorokol kesehatan, dan disiplin menerapkan 3M. Masyarakat yang mengabaikan aturan itu khususnya jika tidak menggunakan masker, lebih berpotensi tertular.


Editor : InewsTv Henri