Pemerintah Larang Mudik, Perusahaan Bus di Medan Hentikan Operasional

Antara ยท Rabu, 05 Mei 2021 - 20:28:00 WIB
Pemerintah Larang Mudik, Perusahaan Bus di Medan Hentikan Operasional
Perusahaan Otobus (PO) Antar Lintas Sumatera (ALS) di Medan, Sumut. (ANTARA/Nur Aprilliana Br Sitorus)

MEDAN, iNews.id - Sejumlah perusahaan bus antarkota antarprovinsi (AKAP) di Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut) memutuskan berhenti operasi sementara waktu. Keputusan ini dilakukan setelah pemerintah melarang mudik Lebaran Idul Fitri 1442 Hijriah mulai 6-17 Mei 2021. 

Humas Perusahaan Otobus (PO) PT Antar Lintas Sumatera (ALS) Alwi Matondang mengatakan terhitung tanggal hari ini, Rabu (5/5/2021) pihaknya tidak lagi memberangkatkan seluruh bus. 

"Mulai hari ini tidak ada lagi pemberangkatan sampai tanggal 17 Mei," kata Alwi Matondang, Rabu (5/5/2021). 

Dia mengatakan bahwa bagi perusahaan otobus terlalu berisiko jika memaksakan mengoperasikan bus setelah adanya larangan mudik dari pemerintah.
 
"Karena bus-bus ini bakal melewati pos penjagaan dan penyekatan yang dilakukan petugas kepolisian. Jadi lebih baik ikuti aturan pemerintah," katanya.


Alwi mengatakan larangan mudik yang diterapkan pemerintah menjadi pukulan berat bagi perusahaan otobus dan juga para pekerjaan. Pasalnya, para sopir dan kernet harus kehilangan pencaharian akibat putusan tersebut. 

"Kami pun dalam kondisi sulit saat ini. Harapan para sopir kan di sinilah masa dia untuk ada hasil dibawa ke rumah. Tapi karena stop operasi kami tidak dapat apa-apa. Apalagi sopir belum mendapatkan bantuan dari pemerintah," ucapnya. 
 
Alwi berharap agar pandemi Covid-19 segera berakhir dan ekonomi kembali normal kembali sehingga dapat melakukan kehidupan yang baru.

Editor : Stepanus Purba

Bagikan Artikel: