Webinar Leader Talk iNews

Pemprov Sumut: 56.000-an Pekerja Kena PHK akibat Covid-19, 48.891 UMKM Terdampak

Stepanus Purba ยท Kamis, 16 Juli 2020 - 15:23 WIB
Pemprov Sumut: 56.000-an Pekerja Kena PHK akibat Covid-19, 48.891 UMKM Terdampak
Webinar Leader Talk iNews bertajuk Pemulihan Ekonomi Sumatera Utara di Era New Normal, Kamis (16/7/2020). (Foto: iNews)

JAKARTA, iNews.id - Sedikitnya 56.000-an tenaga kerja di Sumatera Utara terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) dan dirumahkan akibat pandemi Covid-19. Mereka termasuk menjadi sasaran pemerintah dalam penyaluran bantuan.

Selain itu, di sektor usaha mikro kecil menengah (UMKM) tercatat ada 48.891 unit usaha yang terdampak.

Staf Ahli Gubernur Sumut bidang Ekonomi, Keuangan, Pembangunan, Aset dan SDA Agus Tri Priyono mengatakan, sebelum terjadinya Covid-19, jumlah penduduk miskin berdasarkan data terpadu mencapai 1,3 juta kepala keluarga (KK). Golongan ini sudah tercover Pemerintah Pusat melalui bantuan program keluarga harapan (PKH).

Saat ini selain PKH, juga ada sejumlah bantuan jaring pengaman sosial (JPS) yang diberikan kepada masyarakat. Seperti bantuan sembako, bantuan langsung tunai (BLT) hingga anggaran dari dana desa.

"Saya rasa dengan begitu banyak program bantuan bisa untuk mengcover masyarakat yang terdampak Covid-19," ujar Agus yang menggantikan Gubernur Edy Rahmayadi dalam Webinar Leader Talk iNews bertajuk Pemulihan Ekonomi Sumatera Utara di Era New Normal, Kamis (16/7/2020).

Bantuan ini juga diberikan kepada pekerja yang dirumahkan maupun korban PHK. Hanya saja, dia menilai pendataan menjadi hal penting dalam penyaluran. 

"Jangan sampai ada yang sampai dapat 3 kali, namun ada warga yang justru sama sekali tak menerima bantuan. Ini makanya kami minta data ke kabupaten kota by name, by addres agar penyaluran tepat sasaran," katanya.

Begitupun dengan sektor UMKM, Pemprov Sumut telah mengalokasikan Rp10 miliar untuk meningkatkan kapasitas dan daya saing koperasi dan UMKM di tengah pandemi Covid-19. Dana ini diharapkan bisa membangkitkan kinerja usaha koperasi dan UMKM.

"Data kami ada 48.891 pelaku UMKM yang terdampak pandemi Covid-19. Mereka ini akan kami bantu dalam hal permodalan," ujarnya.

Anggaran yang disiapkan ini bagian dari dana refocusing tahap I yang dikucurkan Pemprov Sumut menghadapi pandemi Covid-19 dengan total anggaran Rp502,1 miliar.

Diketahui, Webinar Leader Talk iNews menghadirkan narasumber Gubernur Sumut Edy Rahmayadi yang digantikan Staf Ahli Gubernur Sumut bidang Ekonomi, Keuangan, Pembangunan, Aset dan SDA Agus Tri Priyono, Wali Kota Tanjungbalai M Syahrial, Ketua Apindo Sumut Parlindungan Purba, Pengamat Sosial dan Politik UMSU Medan Shohibul Anshor Siregar.

Webinar dipandu moderator news anchor Abraham Silaban dan Febrina Permata serta dapat disaksikan secara live melalui akun Youtube @officialinews dan @inewsportal.


Editor : Donald Karouw