Pemuda di Medan Belawan Dilaporkan Polisi Gegara Posting Hina PMI

Yudha Bahar · Selasa, 02 Februari 2021 - 15:55:00 WIB
Pemuda di Medan Belawan Dilaporkan Polisi Gegara Posting Hina PMI
Ketua PMI Kecamatan Medan Belawan, Hadi Suhendra menunjukkan bukti postingan pemuda berinisial APS usai melaporkannya ke Mapolres Medan Belawan. (Foto: MNC Portal/Yudha Bahar)

MEDAN, iNews.id – Seorang pemuda berinisial APS dilaporkan PMI Medan Belawan, Kota Medan, Sumatra Utara ke polisi karena postingannya di media sosial Facebook yang dinilai menghina lembaga tersebut, Selasa (2/2/2021). Dalam postingannya, APS diduga memprovoksi warga untuk tidak mendonorkan darah.  

Laporan PMI itu terregister dengan Laporan Polisi Nomor : LP / 43 / II / 2021 / SPKT III TGL 1 Februari 2021. 

Ketua PMI Kecamatan Medan Belawan, Hadi Suhendra mengatakan postingan APS di jejaring sosial media Facebook telah menyinggung PMI Medan Belawan. 

"Kita melihat status APS dan merasa tersinggung, karena bahasanya menyangkut Palang Merah Indonesia, seolah-olah kita mengkorupsi darah dan seperti mempermainkan darah yang didonor masyarakat." ucap Hadi Suhendra. 

Dia menegaskan postingan APS tersebut sama sekali tidak benar dan menyesatkan.

"Kita ingin memberitahukan masyarakat bahwa yang di-posting APS itu tidak benar. Atas dasar itu kita laporkan karena melanggar Undang-Undang ITE," ujarnya. 

Postingan terlapor dibuat pada tanggal 30 Januari lalu, bertepatan dengan PMI Medan Belawan yang melakukan donor darah bersama masyarakat Belawan di gedung Forum Anak Belawan Bersatu dikelurahan Belawan II​ Kecamatan Medan Belawan Kota Medan.

Postingan terlapor ini dikhawatirkan membuat gejolak di masyarakat, terlebih lagi di masa pandemi Covid-19. Warga belum berani berinteraksi ke rumah sakit dan membuat stok darah dan plasma konvalesen yang dibutuhkan pasien terinfeksi Covid menipis.

Editor : Kastolani Marzuki