Pemudik Mulai Padati Pelabuhan Bandar Deli Belawan Medan

Stepanus Purba ยท Jumat, 31 Mei 2019 - 08:51 WIB
Pemudik Mulai Padati Pelabuhan Bandar Deli Belawan Medan
Para pemudik yang mulai memadati Pelabuhan Bandar Deli Belawan pada Kamis (30/5/2019) kemarin. (Foto: iNews.id/Stepanus Purba).

MEDAN, iNews.id - Jumlah pemudik yang menggunakan jalur laut tampak meningkat. Sejak Kamis (30/5/2019) kemarin, masyarakat yang berdomisili di Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut) mulai memadati Pelabuhan Bandar Seri Belawan.

Bertambahnya jumlah penumpang disebabkan karena mahalnya harga tiket pesawat. Para pemudik lebih memilih alternatif transportasi lain, yakni kapal laut.

"Biasanya kami naik pesawat. Karena tiket mahal, kami memilih naik kapal dulu tahun ini," kata seorang pemudik di Pelabuhan Seri Belawan, Medan, yang hendak mudik ke Kota Batam, Jumat (31/5/2019).

BACA JUGA: Harga Tiket Pesawat Dinilai Pengaruhi Kunjungan Liburan di Raja Ampat

Menurut dia, harga tiket kelas ekonomi dari Medan menuju Batam berada di kisaran Rp1 - 1,5 juta. Sedangkan, harga kapal laut hanya Rp250.000.

Kepala Cabang Pelni Medan, Lutfi Israr mengatakan, tercatat pada Kamis siang kemarin, jumlah penumpang menuju Kota Batam mencapai 836 penumpang.

"Iya, sudah mulai padat penumpang kapal. Begitu juga yang berangkat di Pelabuhan Batu Ampar Batam ke Medan," ujarnya.

Lutfi memprediksi, lonjakan penumpang yang menggunakan kapal laut akan terus terjadi pada H-4 dan H-3 lebaran. Kemudian, meningkat lagi pada H+2 dan H+3, arus balik lebaran.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal