Pendaftaran PPDB di Sumut Terkendala, Edy Rahmayadi: Karena Perubahan Sistem

Stepanus Purba ยท Kamis, 10 Juni 2021 - 10:40:00 WIB
Pendaftaran PPDB di Sumut Terkendala, Edy Rahmayadi: Karena Perubahan Sistem
Gubernur Sumut Edy Rahmayadi. (Foto: iNews/Ahmad Ridwan Nasution)

MEDAN, iNews.id - Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi akan mengevaluasi pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA Negeri/Sederajat Tahun Ajaran 2021/2022 di Sumut yang kembali mengalami gangguan. Kondisi tersebut disebabkan perubahan sistem yang membuat pendaftaran bermasalah hingga mengundang protes warga. 

“Sistem yang selalu berubah jadi tidak permanen. Saya sudah baca itu dan memang sulit,” kata Edy Rahmayadi, Kamis (11/6/2021).

Namun demikian, Edy mengaku belum menerima laporan terkait persoalan pendaftaran PPDB tahun ini. Pihaknya akan segera memanggil kepala dinas Pendidikan Sumut untuk meminta penjelasan dan laporan lengkap terkait permasalahan tersebut. 

“Nanti segera saya cek, habis itu nanti kita evaluasi, kita perbaiki,” katanya.

Dia mengatakan, ada tiga jalur PPDB yang tersedia, yakni jalur prestasi, jalur afirmasi dan jalur zonasi. Menurutnya, itu saja yang jadi pedoman. 

“Itu aja kami ikuti. Nanti pelaksanaanya, saya akan segera panggil (kadis Pendidikan Sumut),” ujarnya. 

Menurut informasi, panitia PPDB memperpanjang masa pendaftaran online karena banyaknya pendaftar yang gagal mendaftar. Hal ini disebabkan mereka kesulitan mengakses situs PPDB. 

“Kami lihat apa persoalannya, diperbaiki. Intinya adalah kita akan merekrut anak-anak kita untuk menuntut ilmu. Itu yang jadi persoalan. Jangan yang lain-lain dipersoalkan. Yang bisa dibenahi kami benahi,” ujarnya. 

Editor : Stepanus Purba