Perawat di RS Bunda Thamrin Medan Positif Covid-19, Diduga Terpapar dari Pasien

Stepanus Purba ยท Rabu, 01 April 2020 - 15:58 WIB
Perawat di RS Bunda Thamrin Medan Positif Covid-19, Diduga Terpapar dari Pasien
Juru Bicara Gugus Tugas Covid- 9 Sumut Aris Yudhariansyah. (Foto: Istimewa)

MEDAN, iNews.id – Seorang perawat yang bekerja di Rumah Sakit (RS) Bunda Thamrin Medan, Sumatera Utara (Sumut), positif terinfeksi virus corona atau Covid-19. Kepastian kondisi perawat berjenis kelamin perempuan ini diketahui melalui hasil rapid test yang dilakukan, Rabu (1/4/2020).

“Dari hasil rapid test, perawat berjenis kelamin perempuan ini positif Covid-19,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Aris Yudhariansyah.

Perawat tersebut diduga terpapar dari seorang pasien dalam pengawasan (PDP). Berdasarkan hasil pemeriksaan melalui rapid test, PDP itu dinyatakan positif Covid-19. Sementara pasien telah meninggal dunia di rumah sakit tersebut pada Selasa (31/3/2020).

PDP yang meninggal dunia itu merupakan pegawai honorer di Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sumut berinisial MHC (35). “Bisa jadi terpapar dari PDP semalam,” ujarnya.

Mengantisipasi penyebaran Covid-19, pihak Dinas Kesehatan sedang melakukan tracing terhadap orang yang kontak erat dengan PDP yang meninggal dan perawat tersebut. Dinas Kesehatan telah memiliki daftar nama-namanya.

“Daftarnya sudah masuk ke kita. Saat ini, kami sedang kita tracing. Sejauh ini masih satu perawat yang positif Covid-19 di RS Bunda Thamrin dari hasil rapid test,” ujarnya.


Editor : Maria Christina